Ibu Hamil Terjangkit Covid-19 Dapat Ancam Kesehatan Bayi?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 481 2312462 ibu-hamil-terjangkit-covid-19-dapat-ancam-kesehatan-bayi-Sy9gJSBDTj.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Kehamilan adalah saat yang menyenangkan, namun juga bisa menimbulkan stres. Terlebih, pada tahun ini ada bencana non alam yang ditimbulkan oleh virus corona. Sehingga siapapun termasuk ibu hamil bisa terjangkit Covid-19.

Merujuk Healthline, hingga saat ini Covid-19 merupakan penyakit yang belum dipelajari dengan baik. Termasuk bagaimana pengaruhnya terhadap wanita hamil dan bayinya yang sedang berkembang tidak sepenuhnya diketahui.

Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat bahwa wanita hamil lebih rentan terhadap semua jenis infeksi pernapasan, seperti flu dibandingkan yang lain. Ini karena kehamilan mengubah sistem kekebalan Anda sehingga berpengaruh pada paru-paru dan jantung Anda.

Jika Anda mengalami keluhan seperti gejala Covid-19 (batuk, sakit tenggorokan, pernapasan terganggu, demam, dan lainnya) saat sedang hamil, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ibu Hamil

Risiko seperti keguguran, kelahiran prematur, serta meninggalnya janin lebih rentan terhadap mereka yang terjangkit Covid-19 dibandingkan wanita hamil dalam kondisi sehat. Selain itu, demam tinggi pada trimester pertama kehamilan bisa menyebabkan cacat lahir.

Namun, sejauh ini para peneliti tidak melihat bukti bahwa Covid-19 dapat menyebabkan keguguran. Menurut laporan WHO, wanita hamil dengan Covid-19 sebagian besar tidak memiliki kasus yang parah. Dari 147 wanita yang diteliti, 8 persen menderita Covid-19 yang parah serta 1 persen dalam kondisi kritis.

Baca Juga : Pegang Sertifikat Tes Negatif, 17 WNI Positif Covid-19 Tiba di Jepang

Selain itu, para ahli mengatakan bahwa persalinan normal lebih disarankan untuk wanita hamil yang menderita Covid-19. Dengan alasan, saat wanita hamil menderita Covid-19, kondisi kekebalan tubuh melemah, sehingga dapat menimbulkan komplikasi tambahan jika mereka melahirkan secara operasi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda melakukan serangkaian protokol kesehatan semasa hamil agar tidak terjangkit Covid-19. Karena sesungguhnya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Seperti mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air, hindari menyentuh wajah terutama mulut, hidung, dan mata. Hindari kerumunan, olahraga yang cukup, serta mengonsumsi makanan sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini