5 Jenis Sampo yang Cocok untuk Rambut Anda, Apa Saja?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 611 2312387 5-jenis-sampo-yang-cocok-untuk-rambut-anda-apa-saja-iin3VSrkHW.jpg Merawat rambut (Foto: All Perfect Stories)

Setiap produk sampo menawarkan masing-masing keunggulan yang berbeda. Ada yang bikin rambut berkilau, menjaga kelembapan, atau tidak mudah rontok. Semua produk menjamin kebersihan rambut.

Kebanyakan sampo mengandung 10 hingga 30 bahan yang berbeda. Semua harus terdapat bahan pembersih seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Berikut bahan-bahan sampo untuk tiap jenis rambut, seperti dilansir Okezone dari healthline.com. Nah, buat Anda paling cocok yang mana?

 merawat rambut

1. Rambut tipis dan rontok

Penyebab rambut tipis dan rontok ada beberapa faktor. Selain faktor genetik, paparan sinar matahari, alat-alat styling yang berlebihan, dan bahan-bahan kimia untuk mengubah warna atau tekstur rambut juga dapat menjadi penyebab rambut rontok.

Untuk mengatasi rambut tipis dan rontok, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung bahan phyto caffeine, yang telah terbukti membantu mengurangi penipisan rambut, terutama untuk pola kebotakan wanita.

Juga kandungan minoksidil, niacin, histidin, dan minyak esensial seperti lavender dan peppermint dapat membantu mengurangi rambut tipis dan rontok.

2. Rambut keriting, ikal, dan bergelombang

Bagi Anda yang memiliki tipe rambut ini, sebaiknya memilih sampo yang menawarkan kelembapan dan hidrasi yang lebih banyak.

Kandungan gliserin pada sampo terbukti menarik oksigen dari udara ke dalam kulit rambut, sehingga membantu mempertahankan kelembapan rambut.

Selain itu, minyak dan mentega seperti shea butter, minyak jojoba, minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak argan dapat membantu melembapkan rambut dan menjaga rambut ikal dan bergelombang tetap halus dan berkilau.

Minyak biji, seperti minyak biji Abyssinian, minyak biji anggur, dan minyak biji hitam adalah bahan lain yang bermanfaat untuk rambut keriting, bergelombang, dan ikal. Mengurai untaian dan menjaga kelembapan.

3. Rambut lurus

Kebanyakan orang yang memiliki tipe rambut lurus ingin sekali menambah volume agar rambut terlihat halus, sehat, dan terawat.

Minyak kelapa, kedelai, almond, bunga matahari, serta vitamin B5, C, dan E dipercaya dapat menambah volume rambut. Bahan bermanfaat lainnya adalah keratin, protein struktural berserat yang ditemukan dalam riasan rambut, kulit, dan kuku.

Penggunaan keratin pada rambut menghasilkan rambut yang lebih penuh, halus, lembut, dan tampak lebih lurus.

4. Rambut yang diwarnai atau kering

Terlalu sering mewarnai rambut dapat membuat rambut Anda menjadi kering. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak sampo two-in-one untuk rambut kering yang bekerja mengganti sebum dengan lapisan silikon tipis, sehingga membuat batang rambut berkilau dan halus.

Selain itu, minyak argan, minyak alpukat, minyak macadamia, minyak kelapa, dan minyak zaitun juga dapat membantu menutrisi dan melembapkan rambut.

Baca juga: Foto KTP Ariel Tatum Viral, Netizen: Cantik Banget

5. Rambut berketombe

Butiran atau serpihan kulit kepala berwarna putih halus ini juga termasuk masalah kulit rambut yang tak jarang dikeluhkan bagi banyak orang.

Fungisida, zat kmia yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ketombe. Fungisida sintetis seperti ketoconazole, zinc pyrithione, dan selenium disulfide yang terkandung dalam sampo membantu mengurangi ketombe pada rambut.

Fungisida alami seperti minyak pohon teh atau ekstrak herbal bisa menjadi alternatif lain untuk penyembuhan ketombe.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini