Punya Pacar Toxic, Begini Cara Meninggalkannya

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 612 2312333 punya-pacar-toxic-begini-cara-meninggalkannya-sCpj5XLdf4.jpg Meningalkan pacar toxic (Foto: Elite Daily)

Dalam hubungan percintaan tak semua berjalan indah. Bahkan saat punya pacar kamu malah semakin merasa tertekan dan tidak bahagia.

Pacarmu selalu menyalahkanmu atas ketidakbahagiaan dirinya. Dia juga menyalahkanmu kalau kamu tak bisa memenuhi semua keinginan dia. Padahal tanggung jawab memenuhi keinginan dia harus dipikul dirinya sendiri, bukan kamu.

Bahkan yang paling parah, dia pernah memukulmu berkali-kali hanya karena marah akibat hal sepele. Ini hubungan toxic sekali ya!

Nah, kalau sudah begini artinya pacarmu manusia toxic. Seperti dilansir dari Lifehack, berikut ini cara meninggalkan pacar yang toxic.

 putus cinta

1. Ketahuilah kamu layak mendapatkan yang lebih baik

Pacarmu bukan orang yang baik, apalagi kalau dia cenderung toxic. Dia yang sering meruntuhkan harga dirimu agar kamu tetap berada dalam hubungan ini.

Ingatlah selalu bahwa dirimu itu berharga setiap hari. Kamu benar-benar layak untuk mendapatkan yang lebih baik. Kamu berani meninggalkannya demi kesehatan mental dan fisikmu sendiri.

2. Bangun sistem pendukung

Alih-alih berfokus pada pacarmu, fokuslah pada dirimu sendiri sambil membangun sistem pendukung yang kamu butuhkan saat mengambil risiko. Penelitian menunjukan bahwa dukungan dari keluarga dan teman selama masa sulit dapat menurunkan tekanan psikologis. Dukungan mereka memudahkan kamu untuk meninggalkan pacar toxic-mu dan melanjutkan hidup.

3. Tegaslah pada keputusanmu

Putus cinta memang sulit, tidak peduli keadaannya. Mungkin kamu akan merindukan saat-saat kalian bersama, namun percayalah kamu akan bahagia setelah berpisah dengan pacar toxic itu.

4. Putus kontak

Tidak hanya memutuskan hubungan tapi memutuskan kontak juga. Jika kamu masih terkoneksi dengannya bukan tidak mungkin kalian bisa kembali bersama.

Lihatlah ke depan, pertahankan motivasi kamu saat meninggalkan hubungan toxic ini. Hapus dia dari media sosial, blokir nomor ponselnya, dan temukan cara untuk menghindarinya secara langsung. Tindakan ini akan memperjelas bahwa kamu tidak ingin berurusan lagi dengannya.

5. Putus karena sudah hancur

Jika kamu sudah putus asa, kamu mungkin sudah mencoba segala cara untuk mengubah kebiasaan “racun” dia. Namun ingat, pacarmu tidak akan berubah. Jadi segera pergilah, apalagi kalau dia sudah sering memukul dan memaki-maki kamu, tak ada gunanya.

 Baca juga: Foto KTP Ariel Tatum Viral, Netizen: Cantik Banget

6. Jangan mengharapkan keajaiban setelah putus.

Belajar untuk keluar dari toxic relationship berbeda dengan menindaklanjutinya. Jika kamu kesulitan untuk meninggalkan pacarmu yang kasar atau berbahaya, lindungilah dirimu dengan meminta bantuan dari orang terpercaya seperti teman atau keluarga.

Seringkali kamu akan merasa kesepian setelah keluar dari hubungan ini. Bersabarlah dan nikmati, temukan lagi dirimu yang dulu sempat hilang, dan jangan sampai kamu mengalami hal yang sama di kemudian hari.

Berikan diri kamu waktu untuk pulih sepenuhnya dari kesakitan-kesakitan kemarin sebelum memikirkan untuk menjalin hubungan baru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini