Tingkatkan Imunitas Tubuh, Coba Konsumsi 3 Vitamin Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 298 2312970 tingkatkan-imunitas-tubuh-coba-konsumsi-3-vitamin-ini-yuk-YJwQ0s9bVW.jpg Makanan banyak vitamin (Foto: Freepik)

Musim hujan telah tiba, pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Dalam kondisi seperti ini, banyak orang menjadi lebih rentan terserang penyakit. Terlebih jika Anda abai terhadap kesehatan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan di tengah cuaca yang tak menentu ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

Melansir News 18, terdpaat tiga jenis vitamin yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti yang Okezone uraikan pada poin di bawah ini.

wortel

1. Vitamin A

Vitamin A penting untuk meningkatkan kekebalan dan juga membantu pertumbuhan sel-sel tubuh. Vitamin A bertanggung jawab untuk perkembangan banyak jaringan dan sel serta perkembangan paru-paru embrio. Vitamin A juga berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan normal jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

Selain itu, vitamin A juga larut dalam lemak dan karenanya disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama. Seseorang dapat dengan mudah mendapatkan asupan Vitamin A dengan menambahkan produk susu, ikan, sereal yang diperkaya, wortel, brokoli, melon, dan labu dalam makanan mereka.

2. Vitamin C

Vitamin C memelihara kesehatan dan kekebalan tubuh serta meningkatkan pembentukan kolagen di kulit. Merokok dan polusi menghasilkan suplai radikal bebas dan racun di paru-paru. Vitamin C melawan radikal dan racun ini. Ini juga membantu tubuh menyingkirkan molekul yang berpotensi merusak ini.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology, vitamin C dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi insiden gejala pernapasan hingga setengahnya selama dan setelah berolahraga. Ini memiliki jumlah kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Sumber utama Vitamin c adalah buah jeruk, cabai, jambu biji, kiwi, brokoli, kangkung dan beri.

Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

3. Vitamin D

Vitamin D mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Efisiensi vitamin D dapat meningkatkan risiko mengi, brnkitis, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

Seseorang bisa dengan mudah mendapatkan jumlah yang cukup dari sinar matahari. Memasukkan makanan seperti tuna, salmon, sarden, tiram dan kuning telur dalam makanan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini