7 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 298 2313223 7-manfaat-oatmeal-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui-BeaJc7clNf.jpg Oatmeal sehat (Foto: Plating Pairing)

Oatmeal adalah makanan sarapan yang sangat populer yang terdiri dari gandum dan cairan, seperti air, susu sapi, atau susu nabati. Penuh nutrisi dan serat, oat adalah salah satu makanan biji-bijian paling bergizi yang dapat dikonsumsi seseorang.

Oatmeal juga merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan campuran susu dan ditambahkan berbagai potongan buah seperti strawberry, pisang, blubbery, atau buah lainnya.

Namun apakah Anda tahu manfaat lainnya dari oatmeal ini? Berikut 7 manfaat oatmeal bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, seperti lansir dari Medical News Today.

 oatmeal

1. Mengandung antioksidan

Oatmeal mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Oatmeal mengandung antioksidan tingkat tinggi. Secara khusus, ini mengandung polifenol, yaitu senyawa nabati yang kaya avenanthramides. Avenanthramides adalah sejenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum.

2. Menurunkan gula darah

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut betaglukan yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan kemungkinan juga menurunkan gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 cocok memasukkan oatmeal ke dalam makanan mereka untuk mengatur kadar gula darah.

3. Menyediakan banyak vitamin dan mineral

Oatmeal adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral sekaligus rendah kalori. Makan makanan rendah kalori yang bernutrisi tinggi dapat memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh sambil membantu mereka menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Makan oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol total. Ada beberapa bukti yang mendukung klaim bahwa oatmeal dapat mendukung kadar kolesterol sehat karena kandungan beta-glukannya. Sebuah tinjauan tahun 2014 menetapkan bahwa oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol total jika orang mengonsumsi 3 gram (g) atau lebih betaglukan sehari.

5. Menurutkan berat badan

Oatmeal kaya akan serat larut, sehingga orang cenderung merasa lebih cepat kenyang setelah memakannya daripada setelah mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu seseorang mengurangi ukuran porsi mereka dan mencapai tujuan penurunan berat badan mereka.

6. Mengurangi risiko asma

Asma merupakan kondisi umum yang sering berkembang pada masa kanak-kanak. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menjadi faktor risiko pengembangan asma, sementara yang lain dapat mengurangi risiko tersebut.

Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

7. Meredakan sembelit

Sembelit adalah masalah gastrointestinal umum yang mempengaruhi hampir semua orang di beberapa titik. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga agar limbah di saluran pencernaan tetap bergerak, yang dapat meredakan atau mencegah sembelit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini