7 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Anda Perlu Tahu!

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 481 2313215 7-manfaat-brokoli-untuk-kesehatan-anda-perlu-tahu-hUS7g6Eh2N.jpg (Foto: NST)

Brokoli adalah salah satu sayuran terpenting untuk mendukung kesehatan tubuh manusia. Berasal dari keluarga kubis, brokoli bisa dikategorikan sebagai tumbuhan hijau yang bisa dimakan.

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang sehat dan lezat yang kaya akan puluhan nutrisi dari sayuran apa pun. Ternyata brokoli juga ada manfaat kesehatan untuk tubuh kita, apa saja manfaatnya? Seperti dilansir dari Times of India, berikut 7 manfaat kesehatan dari brokoli.

1. Pencegahan Kanker

Brokoli berbagi khasiat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan dengan sayuran silangan lainnya seperti kembang kol, kubis Brussel dan kubis. Brokoli mengandung khasiat yang menghabiskan estrogen yang biasanya menyebabkan kanker di tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan rahim.

2. Pengurangan Kolesterol

Seperti banyak makanan utuh, brokoli dikemas dengan serat larut yang menarik kolesterol keluar dari tubuh Anda. Ini karena serat pada brokoli membantu mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Ini membuat pengeluaran kolesterol dari tubuh kita menjadi mudah.

3. Mengurangi reaksi alergi dan peradangan

Brokoli bahkan memiliki asam lemak omega 3 dalam jumlah yang signifikan, yang dikenal sebagai antiradang. Bersamaan dengan ini, brokoli juga dapat membantu orang yang menderita radang sendi karena brokoli mengandung sulforaphane, bahan kimia yang menghalangi enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi dan menyebabkan peradangan.

4. Kesehatan Jantung

Brokoli sangat bagus untuk kesehatan jantung karena mengandung serat, asam lemak dan vitamin yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Ini juga membantu mengurangi kolesterol jahat, sehingga mengarah ke jantung yang sehat. Brokoli juga membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

 Brokoli adalah salah satu sayuran terpenting untuk mendukung kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Intip Resep MPASI Daging Sapi untuk Bayi 9 Bulan

5. Bagus untuk yang Sedang Diet

Brokoli adalah karbohidrat yang baik dan tinggi serat, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, menjaga gula darah rendah, dan menahan makan berlebihan. Selain itu, brokoli juga bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat.

Ini adalah sayuran hijau yang ideal untuk dimasukkan ke dalam salad Anda dan melengkapi lima sayuran berwarna Anda setiap hari.

6. Perawatan Kulit

Perawatan kulit tidak hanya mencakup kilau, tapi juga kekebalannya. Karena brokoli adalah pembangkit tenaga antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan mineral seperti tembaga dan seng, brokoli membantu menjaga kesehatan kulit. Brokoli kaya akan vitamin K, asam amino dan folat, membuatnya ideal untuk menjaga kesehatan kekebalan kulit.

7. Anti-Penuaan

Karena brokoli diperkaya dengan vitamin C, yang memiliki banyak sifat antioksidan, sangat bagus untuk anti-penuaan. Ini karena antioksidan membantu melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan. Radikal bebas ini seringkali merusak kulit. Makan brokoli secara teratur membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, masalah kulit seperti jerawat dan bahkan pigmentasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini