Rambut Sering Rontok, Coba 8 Cara Mengatasinya Yuk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 611 2312955 rambut-sering-rontok-coba-8-cara-mengatasinya-yuk-Up0Ys0tUQK.jpg Rambut rontok (Foto: Pixabay)

Rambut rontok masih menjadi masalah besar bagi banyak orang, terutama wanita. Kehilangan helaian-helaian rambut tentu membuat Anda cemas.

Rambut rontok bisa terjadi akibat masalah gen dan keturunan. Namun juga bisa karena stres, tekanan darah tinggi, depresi, kondisi fisik maupun emosional lainnya.

Seperti dilansir dari Healthline, terdapat sejumlah cara untuk mengatasi rambut rontok. Simak yuk.

 makan sehat

1. Makan sehat

Sebuah studi tahun 2018 mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung sayur-sayuran mentah dan herbal segar seperti diet mediterania, dapat mengurangi risiko kebotakan pria

2. Mengonsumsi suplemen gingseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Namun, mengonsumsi suplemen gingseng harus dengan dosis tertentu. Bicarakan dengan dokter tentang penggunaan suplemen ini.

3. Lakukan perawatan rambut

Mencuci rambut dengan teratur dapat melindungi rambut rontok dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Gunakan sampo yang ringan.

4. Memijat rambut dengan minyak kelapa

Menurut tinjauan studi tahun 2018, para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV). Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein rambut. Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan rambut kembali.

5. Pakai minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk melembabkan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama dalam diet mediterania, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik. Oleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.

 

7. Jangan menguncir rambut terlalu kencang

Hindari mengepang rambut dengan ketat atau kuncir kuda yang dapat menarik rambut ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan berlebihan. Heat stylers, seperti pengeriting atau pelurus rambut, juga dapat merusak atau mematahkan batang rambut.

Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

8. Yoga

Rambut rontok yang disebabkan oleh stres dapat dikurangi melalui yoga dengan baik. Cobalah pose yoga penghilang stres untuk mencegah dan memperlambat rambut rontok.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini