7 Makanan Penyebab Bau Badan, Daging Salah Satunya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 611 2313074 7-makanan-penyebab-bau-badan-daging-salah-satunya-52WdsquYEX.jpg Makan daging (Foto: Pixabay)

Bau tidak sedap pada tubuh memang sangat mengganggu diri sendiri, bahkan orang lain. Hal ini biasanya disebabkan karena keringat yang mengalir pada tubuh.

Tapi, apakah Anda mengira bahwa makanan yang Anda konsumsi juga sangat berpengaruh kepada bau badan?

Dikutip dari akun YouTube Health Magazine, Okezone punya ulasan penyebab beberapa makanan di bawah ini yang memengaruhi bau badan. Simak yuk.

 bawang putih

1. Bawang putih

Mengonsumsi bawang putih secara berlebihan menyebabkan lepasnya enzim Alisin. Alisin adalah senyawa dalam bawang putih yang mengandung sulfur, bersifat anti bakteri dan anti jamur. Alisin keluar melalui napas, urin, dan keringat Anda,

2. Bawang merah

Bawang merah juga diurai oleh tubuh menjadi senyawa belerang yang berbau busuk, keluar melalui napas, urin, dan keringat Anda.

3. Sayuran silangan

Kurangi mengonsumsi sayuran silangan atau sayuran cruciferous seperti kubis dan brokoli karena mengandung belerang yang bau. Namun, mereka kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, Anda tidak boleh berhenti memakannya.

4. Daging

Di dalam tubuh, daging dicerna lebih lama dibandingkan makanan lain, sehingga bakteri lebih lama mengendap dan memicu pembusukan.

Sebuah studi meminta wanita untuk mencium sampel bau badan pria setelah dua minggu mengonsumsi daging versus diet vegetarian. Para wanita menilai, bau badan pria vegetarian lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan bau pria yang mengonsumsi daging.

5. Alkohol

Senyawa dalam alkohol dapat keluar melalui napas dan keringat Anda. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat tubuh Anda bau.

6. Ikan

Kelainan yang disebut trimethylaminuria adalah kelainan genetik yang mencegah pemecahan protein tertentu, termasuk yang disebut trimethylamine.

Ketika trimetilamina menumpuk setelah makan makanan seperti ikan atau telur, disekresikan melalui urin, napas, dan keringat. Akibatnya, bau badan yang dihasilkan bisa amis atau berbau seperti telur busuk.

Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

7. Asparagus

Sayuran hijau terkenal dapat mengubah bau kencing Anda. Tetapi, tidak semua orang bisa menciumnya. Kebanyakan orang menghasilkan bahan kimia yang bau saat tubuh mereka memecah asparagus dan mengeluarkannya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini