Tak Percaya Diri karena Bau Badan, Atasi dengan 6 Cara Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 611 2313097 tak-percaya-diri-karena-bau-badan-atasi-dengan-6-cara-ini-InAiVBuJRW.jpg Mandi dengan air segar (Foto: Freepik)

Aroma tubuh seseorang terjadi akibat bakteri yang ada ditubuh bertemu dengan keringat dan mengubahnya menjadi asam. Bau ini muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri yang ada dipermukaan kulit.

Lalu bagaimana cara mengatasi bau badan yang bikin tak percaya diri? Yuk simak tips dilansir dari Webmd berikut ini.

 mandi

 

1. Sering mandi

Setidaknya mandi dua kali dalam sehari untuk menghilangkan keringat dan membunuh bakteri dari tubuhmu. Keringat sebenarnya tidak beraroma. Tapi saat bakteri muncul dan berkembang biak, timbul baunya.

Bersihkan semua area badanmu dengan bersih terutama di bagian-bagian yang cenderung berkeringat seperti di ketiak dan selangkangan.

2. Gunakan sabun antibakteri

Mandi dengan sabun antibakteri akan membantu kamu menghilangakan bakteri dan akan mengurangi kemungkinan bau badan muncul.

3. Keringkan badanmu dengan baik

Setelah mandi, jangan lupa lap badanmu menggunakan handuk dengan benar-benar kering. Perhatikan area-area di mana kamu sangat berkeringat.

4. Gunakan antiperspirant

Setelah mengeringkan badan, gunakalanlah antiperspirant di daerah ketiakmu. Perlu diingat bahwa antiperspirant ini berbeda dengan deodoran.

Jika deodoran hanya berfungsi untuk mengontrol bau badan. Sementara antiperspirant memiliki fungsi utama untuk mengontrol dan mencegah produksi keringat dalam tubuh. Gunakanlah sehari dua kali, di pagi dan siang hari.

5. Jaga pakaianmu tetap bersih

Gantilah pakaian dengan sering jika keringatmu berlebih. Pastikan mengganti kaus kakimu juga, sering mengganti sol dalam pada sepatu, dan bertelanjang kaki jika memungkinkan.

 Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

6. Kurangi makanan atau minuman yang bikin bau badan

Apa yang kamu makan berpengaruh pada bau badanmu. Makanan yang berpotensi membuatmu berkeringat banyak atau keringatmu jadi bau seperti bawang putih, bawang merah, asparagus, jengkol, daging, ikan, alkohol yang berpotensi bikin keringat bau.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini