Punya Kulit Berminyak, Coba Atasi dengan 6 Cara Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 611 2313247 punya-kulit-berminyak-coba-atasi-dengan-6-cara-ini-0vKNxi5ptB.jpg Manfaat lidah buaya (Foto: Good House Keeping)

Kulit berminyak memang perlu perawatan khusus. Sebab jika tak diatasi dengan baik bikin wajah tampak kusam.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kulit berminyak Anda seperti dilansir dari Healthline. Simak ya!

 cuci wajah

1. Mencuci wajah

Jika kulit Anda berminyak, bersihkan wajah maksimal dua kali dalam sehari. Gunakan sabun yang mengandung gliserin, yang membuat kulit meyerap air dari udara. Sehingga mengurangi kekeringan dan bercak kusam pada kulit.

2. Lemon dan putih telur

Lemon dan putih telur adalah obat tradisional untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap dapat mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak.

Jika dijadikan sebagai masker wajah, campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh lemon yang baru diperas. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan hingga masker mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

3. Kacang almond

Kacang almond tidak hanya berfungsi untuk mengelupas kulit Anda, tetapi juga membantu menyedot minyak berlebih dan kotoran.

Untuk membuat scrub wajah dengan kacang almond, caranya giling halus 3 sendok teh almond mentah.

Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah Anda dengan lembut, dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

4. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal untuk meredakan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah bahwa lidah buaya membantu mengobati kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak.

Anda bisa mengaplikasikannya tipis ke wajah Anda sebelum tidur dan membiarkannya sampai pagi. Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit di lengan bawah Anda. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, tandanya lidah buaya aman digunakan.

5. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, obat rumahan yang umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Campurkan 1 sendok teh gula pasir dengan 1 buah tomat. Oleskan ke kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan masker selama 5 menit. Bilas bersih dengan air hangat dan keringkan.

 Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

6. Minyak jojoba

Minyak jojoba adalah obat tradisional untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa mengoleskan masker yang terbuat dari tanah liat dan minyak jojoba dua hingga tiga kali seminggu membantu menyembuhkan lesi kulit dan jerawat ringan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini