Sejarah Hari Anak Sedunia yang Diperingati Setiap 20 November

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 612 2312807 sejarah-hari-anak-sedunia-yang-diperingati-setiap-20-november-q7wxOxC6Xa.jpg Hari Anak Sedunia (Foto : Spielwarwarenmesse)

Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 20 November merupakan Hari Anak Sedunia? Ya, bertepatan pada hari ini, Jumat (20/11/2020), dunia internasional memperingati Hari Anak Sedunia.

Melansir United Nation, Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 dan dirayakan pada tanggal 20 November setiap tahun untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak.

Tanggal 20 November adalah tanggal yang penting karena merupakan tanggal pada tahun 1959 ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak. Ini juga merupakan tanggal pada tahun 1989 ketika Sidang Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Hari Anak Sedunia

Para ibu dan ayah, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintahan dan aktivis masyarakat sipil, para pemuka agama dan komunitas, tokoh perusahaan dan profesional media, serta kaum muda dan anak-anak itu sendiri, dapat memainkan peran penting dalam membuat Hari Anak Sedunia relevan bagi mereka, masyarakat, komunitas dan bangsa.

Hari Anak Sedunia menawarkan kepada kita masing-masing pintu masuk yang penuh inspirasi untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak, diterjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Baca Juga : Hari Anak Sedunia, MNC Peduli Kembali Adakan Pemeriksaan Gizi Anak

Sementara itu, khususnya tahun ini, Covid-19 telah mengakibatkan krisis hak-hak anak. Biaya pandemi untuk anak-anak bersifat langsung dan, jika tidak ditangani, dapat berlangsung seumur hidup.

Sudah waktunya bagi generasi muda untuk berkumpul bersama untuk menata kembali tujuan yang ingin kita ciptakan. Pada 20 November, anak-anak akan membayangkan kembali dunia yang lebih baik. Apa yang akan Anda lakukan dalam merayakan Hari Anak Sedunia?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini