Susah Move On dari Mantan Pacar? Begini 10 Cara Mengatasinya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 612 2313123 susah-move-on-dari-mantan-pacar-begini-10-cara-mengatasinya-OOeiUBDoQG.jpg Pria susah move on (Foto: CBN)

Putus cinta memang menyakitkan. Tidak mudah untuk melupakan kenangan indah yang telah diukir dan melepaskannya begitu saja.

Mencintai orang lain adalah sama-sama belajar memahami orang lain dan memahami diri sendiri. Belajar melepaskan dan berdamai dengan hal-hal yang tidak dapat Anda ubah sangatlah penting.

Seperti dilansir dari Lifehack, berikut ini cara mengatasi susah move on dari mantan pacar. Simak ya!

 berusaha move on

1. Terima kenyataan bahwa hubungan telah berakhir

Ini memang langkah tersulit, tetapi paling penting untuk melepaskan hubungan masa lalu. Anda perlu waktu untuk berhubungan dengan rasa sakit Anda dan memahami perasaan Anda. Selama mengisi waktu ini, Anda bisa mencari hiburan dengan membuat karya seni, menjalankan hobi, atau pergi bersenang-senang dengan teman Anda.

2. Luangkan waktu untuk memproses rasa sakit

Meratapi hubungan yang berakhir, meluapkan kesedihan yang sangat dalam merupakan hak Anda. Biarkan diri Anda memproses rasa sakit itu. Jangan memaksakan diri untuk melupakannya dengan terburu-buru. Ini akan membantu Anda memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Atau, Anda bisa mencari konselor atau psikolog yang dapat mendukung Anda dan membantu menyelesaikan luka yang tersisa dari hubungan masa lalu. Ingatlah, bahwa proses penyembuhan bukanlah perlombaan.

3. Stop stalking dan jangan bikin rencana balas dendam

Stalking, membaca percakapan, melihat kembali postingan-postingan hanya akan membuat Anda terjebak dalam masa lalu. Konfusius pernah berkata, "Sebelum Anda memulai perjalanan balas dendam, gali dua kuburan. Anda mungkin sangat terluka dan bingung sehingga Anda ingin orang lain mengalami apa yang Anda alami, dan beberapa bahkan mungkin mendorong Anda untuk melakukannya. Mencoba menyakiti orang lain dengan sengaja hanya akan membuang-buang waktu dan melambatkan proses penyembuhan."

4. Jangan mencoba jadi teman

Jika hubungan yang berakhir, maka mengubah hubungan jadi persahabatan malah tidak akan membantu Anda melepaskannya. Ingat, Anda tidak diharuskan berteman atau berhubungan dengan mantan pacar Anda. Ingatlah, beberapa orang hanya perlu dicintai dari jauh.

Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

5. Jangan menjalin hubungan intim dengan mantan pacar

Melanjutkan hubungan intim dengan mantan pacar tidak akan memungkinkan Anda memberi ruang untuk hubungan lain, yang datang kepada Anda. Anda hanya akan berakhir CLBK dengan mantan.

6. Nikmati hidup, cintai kembali diri sendiri

Bermainlah kembali dengan teman-teman, keluarga, dan lakukan kegiatan favorit Anda. Lakukan sesuatu yang Anda hindari karena takut. Buatlah daftar impian dan tujuan untuk tahun yang akan datang dan lakukanlah.

Jadilah siapa dan apa yang selalu Anda inginkan. Tuliskan hal-hal yang Anda banggakan dan lihat kembali daftar itu saat Anda merasa sedih. Dengan begitu, Anda akan lebih menghargai dan menyayangi kembali diri Anda sendiri.

7. Renungkan apa yang tidak berhasil dalam hubungan tersebut

Setelah Anda berhasil melewati kesedihan dan penerimaan, Anda akan dapat melihat segalanya dengan lebih jelas. Anda mungkin menyadari ada tanda bahaya atau hal-hal yang tidak berjalan baik bagi Anda di dalam hubungan yang lalu. Gunakan cara ini untuk memperbaiki hubungan Anda bersama orang lain nanti.

8. Jangan terburu-buru menjalin hubungan lagi

Tidak adil menggunakan orang lain untuk melupakan mantan. Jika waktunya tepat, Anda akan mendapatkan orang yang tepat pula. Dengan waktu dan ruang yang Anda berikan, Anda akan dapat lebih memahami apakah hubungan baru ini akan baik dan sehat.

9. Hapus foto, buang hadiah dan semua pesan cintanya

Melihat kembali foto, hadiah, dan pesan cinta darinya tidak akan membantu Anda melepaskan dan melanjutkan hidup. Anda akan terus terjebak. Anda bisa menyumbangkan atau mendaur ulang barang-barang darinya.

10. Tidak selalu ada cinta sekali seumur hidup

Tidak semua orang mengalami cinta sekali seumur hidup berdua selamanya sampai mati. Kebanyakan orang harus jatuh cinta dan patah hati berulang kali hingga akhirnya menemukan teman hidupnya.

Jadi Anda jangan menyerah, dan berpikirlah Anda pasti akan menemukan teman hidup Anda di masa depan. Teruslah berpikir optimistis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini