Jokowi: Nilai dan Ideologi Pancasila Harus Terselip di Permainan Tradisional

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 612 2313174 jokowi-nilai-dan-ideologi-pancasila-harus-terselip-di-permainan-tradisional-0O3E9Wtql2.jpg Hari Anak Sedunia (Foto: Pacific Standard)

Hari Anak Sedunia 2020 mengambil tema 'Menata Kembali Masa Depan Anak'. Di momen ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap generasi penerus bangsa semakin memahami nilai dan ideologi Pancasila.

Jokowi menjelaskan, penting bagi anak-anak ditanamkan nilai Pancasila dan itu bisa dilakukan melalui permainan tradisional.

Jokowi 

"Nilai-nilai Pancasila dan ideologi bangsa harus terus ditanamkan kepada anak-anak kita sedini mungkin. Nilai-nilai Pancasila harus masuk menjadi karakter dan perilaku sehari-hari anak kita," kata Jokowi melalui keterangan resminya, Jumat (20/11/2020).

Oleh karena itu, sambung Jokowi, nilai-nilai tersebut tidak cukup hanya diceramahkan, namun harus diinternalisasikan ke dalam hati dan pikiran anak-anak.

Hal tersebut dilakukan melalui cara anak-anak, dunia anak-anak, yaitu dunia bermain. Bermain sendiri adalah hak anak, hak untuk bergembira dan bersenang-senang bersama teman-temannya.

"Bertepatan dengan Hari Anak Sedunia mari kita jadikan momentum untuk memperkenalkan kekayaan budaya bangsa, nilai-nilai Pancasila sejak dini melalui dunia anak, dunia bermain," pesan Jokowi.

Dia pun menambahkan bahwa anak-anak Indonesia memerlukan lebih banyak lagi jenis permainan yang bisa menjadi media untuk membangun dialog dalam keluarga, menguatkan ikatan orangtua dan anak, serta mampu memperkenalkan mereka dengan budaya agar cinta Indonesia.

"Saya berharap permainan Panca Main dapat diperkenalkan lebih luas di lembaga-lembaga pendidikan untuk mempopulerkan Pancasila kepada anak-anak sejak dini," harapnya.

 Baca juga: 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

Panca Main sendiri ialah Panca Gasing, Papancakan, Catur Teuku Umar, Bola Lima, dan Balap Jajar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini