Mau Sukses, Coba Tingkatkan 5 Soft Skill Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 612 2313291 mau-sukses-coba-tingkatkan-5-soft-skill-ini-3tdByKuhFc.jpg Ilustrasi situasi pekerjaan (Foto: Freepik)

Siapa pun dapat belajar menjadi hebat dalam keterampilan seperti pandai melukis atau mengembangkan perangkat lunak. Jika Anda tidak pandai dalam soft skill seperti bergaul dengan rekan kerja dan menjadi pemain tim yang baik, Anda mungkin akan kehilangan pekerjaan lebih cepat dari yang dikira.

Pengusaha selalu membutuhkan orang yang dapat mereka andalkan. Ini bukan hanya tentang memenuhi persyaratan dan pendidikan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu. Jadi pertajam soft skill seperti dilansir Times of India yang mungkin Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Open Minded

Dapatkah Anda membayangkan dunia di mana orang tidak terbuka terhadap ide-ide baru? Tidak akan ada kebebasan berbicara dan inovasi hampir tidak ada.

Tentu saja, Anda tidak harus setuju dengan setiap ide, tetapi orang ingin berada di sekitar mereka yang setidaknya mendengarkan perspektif yang berbeda atau cara baru dalam melakukan sesuatu.

Ilustrasi pekerjaan 

Baca juga: Potret Nikita Mirzani Tampil Modis dan Berkelas, Netizen: Victoria Beckham Mah Lewat

Komunikasi

Tertulis atau lisan, mengetahui bagaimana mengkomunikasikan ide Anda secara efektif adalah soft skill yang sangat penting. Jika ada orang lain yang tidak bisa memahami kebutuhan dan keinginan Anda, itu akan menjadi masalah bagi Anda.

Anda selalu dapat belajar menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dengan melakukan lebih banyak komunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda.

Memberi dan menerima feedback

Ada beberapa orang yang sama sekali tidak memiliki masalah untuk menyuarakan pendapat mereka tetapi sangat buruk dalam menerima kritik yang membangun, sedangkan yang lainnya sangat berlawanan.

Penting untuk mempelajari cara memberi serta menerima umpan balik untuk mendorong pertumbuhan positif bagi Anda dan orang yang bekerja.

Membangun jaringan

Manusia adalah mahluk sosial dan jaringan mengarah pada persahabatan, pernikahan, dan pekerjaan baru. Jadi, Anda perlu keluar dan membangun jaringan dengan orang-orang.

Dengan membangun jaringan, hidup akan terasa lebih baik. Ini membantu Anda membentuk kontak baru dan mengenal orang yang tidak dikenal yang dibutuhkan.

Ilustrasi pekerjaan 

Antusias

Jangan menjadi seseorang yang selalu mengeluh tentang setiap hal kecil. Anda tidak akan sukses jika Anda adalah tipe orang seperti itu.

Orang ingin berada di sekitar mereka yang memiliki sikap positif terhadap kehidupan serta pekerjaan mereka. Jadi, tingkatkan antusiasme Anda dan jadikan itu berhasil untuk karier Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini