Perhatikan 5 Kesalahan saat Anda Menyimpan Makanan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 298 2313676 perhatikan-5-kesalahan-saat-anda-menyimpan-makanan-l4HwyV5jJe.jpg (Foto: Shutterstock)

Sisa makanan, hidangan siap saji, atau bahan makanan segar biasanya disimpan di kulkas atau dibungkus begitu saja agar bisa dikonsumsi kembali nantinya.

Namun, kebanyakan orang tidak memperhatikan penyimpanan makanan dengan benar. Sehingga makanan mengeluarkan bau tidak sedap, bahkan membusuk.

Dilansir dari The Spruce, berikut ini beberapa kesalahan saat menyimpan makanan.

1. Menyimpan makanan terlalu lama

Ini merupakan kesalahan paling umum terjadi, bisa karena lupa atau hal lainnya, sehingga Anda menyimpannya terlalu lama. Pilah makanan yang menurun kualitasnya dalam 2-3 hari. Daging mentah, unggas, dan makanan laut harus dimasak atau dibekukan pada hari Anda membawanya pulang.

2. Mendinginkan makanan yang salah

Sebuah kesalahan besar kebanyakan orang adalah semua makanan harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Tetapi, ada beberapa makanan yang tidak boleh diletakkan di dalam lemari pendingin. Contohnya tomat, jeruk, bawang merah, bawang putih, kentang, kecap, madu, dan mentega.

 Sisa makanan, hidangan siap saji, atau bahan makanan segar biasanya disimpan di kulkas.

Baca juga: Langsung Mandi Usai Berolahraga Membahayakan Tubuh, Benarkah?

3. Menyimpan dalam kantong plastik

Kantong plastik mengandung bahan kimia. Hal ini berbahaya jika bahan kimia dari plastik masuk ke tubuh Anda. Setelah selesai berbelanja, Anda harus mengeluarkan semua makanan tersebut dari plastik dan menyimpannya dengan benar.

4. Atur Makanan di Setiap Laci

Jangan asal menaruh makanan seperti kaos kaki pada laci. Atur kelembapan tinggi dan rendah untuk makanan di setiap laci lemari pendingin.

Kelembapan tinggi sangat bagus untuk sayuran berdaun hijau seperti selada dan herba segar, serta sayuran lain yang rentan layu, seperti kembang kol, kubis, brokoli, terong, mentimun, dan sebagainya. Hal ini menjaga sayuran tetap segar. Sedangkan laci dengan kelembapan rendah direkomendasikan untuk menyimpan apel, pir, dan pisang.

5. Menyimpan di tempat yang hangat

Menyimpan produk segar di lokasi yang tinggi suhunya akan memperpendek umur produk secara signifikan, termasuk sinar matahari. Secara umum, lemari dapur yang rendah, terletak jauh dari oven atau jangkauan, sangat ideal untuk menyimpan makanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini