Vanessa Angel Pompa ASI di Penjara, Gimana Kualitas Air Susunya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 481 2313510 vanessa-angel-pompa-asi-di-penjara-gimana-kualitas-air-susunya-0bHXMIvVUH.jpg Vanessa Angel (Foto : @vanessaangelofficial/Instagram)

Vanesaa Angel kini harus menjalani masa tahanan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur karena terlibat penyalahgunaan obat terlarang. Ia pun harus meninggalkan bayinya, Gala Sky yang baru berusia 4 bulan, dan masih membutuhkan ASI.

"Kita berdua dulu ya nak, mami @vanessaangelofficial lagi ujian kehidupan," tulis sang suami Vanessa Bibi Ardiansyah seperti dikutip dari Instagram pada Kamis, 19 November 2020.

Vanessa Angel sendiri mendapat keringanan untuk pompa ASI. Namun, karena masih masa pandemi, tidak diperkenankan bertemu langsung di rutan.

Vanessa Angel

Baca Juga : 5 Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah, Bikin Baper!

Lantas bagaimana ASI tetap steril ketika sang ibu harus memompa ASI untuk bayinya yahg berjauhan?

"Dalam suhu ruang bisa bertahan lebih kurang 6 jam. dalam refrigerator bisa bertahan 24 jam. dalam freezer bisa bertahan beberapa hari. Kasusnya Vanessa Angel kan masih di kota yang sama. jadi seharusnya tidak masalah," kata Praktisi Kedokteran Fungsional, dr Novi Arifiani MKK Dipl ABRAAM saat dihubungi Okezone, Jumat, (20/11/2020).

Ia melanjutkan, di kebanyakan lembaga pemasyarakatan khusus perempuan biasanga sudah disiapkan tim, serta fasilitas yang lengkap. Khususnya untuk ibu dan anak.

"Biasanya di lembaga pemasyarakatan khusus perempuan sudah disiapkan tim dan fasilitas untuk menjamin hak ibu dan anak," ujarnya.

Vanessa Angel

Dokter Novi bilang, bila masih memungkinkan untuk mendapatkan ASI sebaiknya tetap diberikan pada sang buah hati, karena paling sesuai dengan kebutuhan bayi.

"Selama ibu tidak stres harusnya mencukupi. Bila harus menggunakan pendamping ASI diberikan secara bertahap," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini