Ketahui Gejala-Gejala Penyakit Jantung saat Berolahraga

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 481 2313610 ketahui-gejala-gejala-penyakit-jantung-saat-berolahraga-aONjhV383Y.jpg (Foto: Shutterstock)

Gaya hidup yang kurang baik dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Kurangnya bergerak atau beraktivitas juga menjadi salah satu faktor risiko utama penyakit jantung.

Menurut Federasi Jantung Dunia, kurang olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

Kegiatan paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah olahraga aerobik yang teratur, seperti jalan kaki. Hal ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, bisa membalikkan beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular dengan membantu menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah.

 Gaya hidup yang kurang baik dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung.

Mulailah gerakan olahraga lainnya dari yang lambat dan lakukan dengan ritme perlahan.

Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit jantung atau baru saja mengalami serangan jantung, harus memantau aktivitas dengan benar. Berhati-hati, selalu konsultasikan kepada dokter Anda, atau mungkin perlu memulai latihan di bawah pengawasan medis.

Kenali gejala-gejala penyakit jantung di bawah ini, seperti dilansir dari Healthline.

1. Dada merasa tidak nyaman

Mulai merasa tidak nyaman, ada tekanan atau rasa penuh di bagian tengah dada. Rasa sakitnya bisa halus dan mungkin datang dan pergi. Jadi sulit untuk mengatakan apa yang salah. Jika gejala ini berlangsung lebih dari beberapa menit, berhenti berolahraga dan cari pertolongan medis.

2. Sesak nafas

Gejala ini dapat terjadi sebelum rasa tidak nyaman di dada, bahkan mungkin terjadi tanpa rasa tidak nyaman di dada.


3. Pusing dan hampir pingsan

Kepala terasa ringan disebabkan gerakan yang terlalu ekstrem. Tanggapi tanda peringatan ini dengan serius dan segera berhenti berolahraga.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Rajin Bersihkan Smartphone

4. Detak jantung tidak stabil

Detak jantung Anda yang berdebar kencang dan nafas tidak teratur. Jika gejala ini sudah muncul, cari pertolongan medis jika Anda mengamati ritme jantung yang tidak biasa selama latihan.

5. Ketidaknyamanan di area tubuh lain

Mengalami ketidaknyamanan yang menjalar dari satu bagian tubuh Anda ke bagian lain, seperti nyeri atau tekanan di lengan, punggung, leher, rahang, dan perut.

6. Berkeringat yang tidak biasa

Meskipun berkeringat saat berolahraga adalah hal yang normal, mual dan keringat dingin adalah tanda peringatan adanya masalah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini