Langsung Mandi Usai Berolahraga Membahayakan Tubuh, Benarkah?

Diana Rafikasari, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 481 2313614 langsung-mandi-usai-berolahraga-membahayakan-tubuh-benarkah-K6BwApAzfI.jpg (Foto: Pixabay)

Usai berolahraga, hal yang mungkin Anda ingin segera lakukan ialah membersihkan tubuh, yakni mandi. Bolehkah setelah seseorang berolahraga, ia langsung segera mandi?

Mandi setelah berolahraga tidak hanya membuat rileks tetapi juga mengurangi risiko ruam dan jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak dengan cepat di kulit karena tubuh yang berkeringat.

Mandi air dingin setelah olahraga memang terdengar menggoda, tetapi Anda harus menahan. Dilansir dari Times of India, Sabtu (21/11) sangatlah penting untuk menunggu setidaknya 20 menit setelah olahraga sebelum mandi.

Setelah rutin berolahraga, penting untuk melakukan pendinginan sebelum meninggalkan tempat. Pendinginan adalah kebalikan dari pemanasan. Peregangan intensitas rendah dan pendinginan sangat penting karena tubuh perlu kembali ke keadaan istirahat.

 Mandi setelah berolahraga tidak hanya membuat rileks tetapi juga mengurangi risiko ruam dan jerawat.

Baca juga: Ketahui Gejala-Gejala Penyakit Jantung saat Berolahraga

Lebih penting lagi, ini membantu menormalkan detak jantung dan suhu tubuh. Idealnya, setelah berhenti mengeluarkan banyak keringat dalam waktu sekitar 20-30 menit, Anda dapat langsung mandi.

Walaupun menunggu terasa sangat membosankan, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mengembalikan cairan tubuh, dengan minum banyak air atau jus. Jadi, sebelum mandi sangat penting untuk memberi waktu pada tubuh untuk mengeringkan keringat serta menenangkan diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini