6 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Adella Christyanti, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 481 2313734 6-manfaat-semangka-untuk-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-4HrOPUneNK.jpg Ilustrasi semangka (Foto: Shutterstock)

Semangka adalah buah yang lezat dan menyegarkan yang juga baik untuk Anda. Buah ini bukan hanya mengandung 46 kalori per cangkir tetapi juga memiliki vitamin C, vitamin A, dan banyak senyawa tanaman yang sehat.

Buah semangka terkenal memiliki kandungan air yang tinggi dan selalu menjadi favorit banyak orang. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan potassium meskipun dalam kadar yang kecil.

Berikut adalah 6 manfaat semangka untuk Kesehatan mu, dilansir dari Healthline.

1. Mencegah dehidrasi

Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu mencegah dehidrasi.

Apalagi, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang. Kombinasi air dan serat berarti Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

Buah semangka 

Baca juga: Ricky Yacobi Meninggal, Ketahui Batas Maksimal Kemampuan Jantung saat Berolahraga

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Faktor gaya hidup, termasuk pola makan, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

3. Dapat menurunkan peradangan

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi lycopene dan vitamin C.

4. Dapat mencegah degenerasi makula

Likopen ditemukan di beberapa bagian mata yang membantu melindungi dari kerusakan oksidatif dan peradangan. Ini juga dapat mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

5. Baik untuk kulit dan rambut

Dua vitamin dalam semangka, A dan C, penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh Anda membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kenyal dan rambut Anda kuat.

Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit Anda bisa terlihat kering dan bersisik.

Buah semangka 

6. Dapat meningkatkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, keduanya penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dan air membantu saluran pencernaan Anda bergerak secara efisien. Makan buah dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, bisa sangat membantu untuk mendorong pergerakan usus yang normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini