Manfaat Jahe Merah Selain Hangatkan Tubuh: Cegah Sakit Kepala hingga Jantung

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 481 2313831 manfaat-jahe-merah-selain-hangatkan-tubuh-cegah-sakit-kepala-hingga-jantung-keQmS1fx4M.jpg Jahe merah. (Foto: Instagram @Indokombucha)

KANDUNGAN minyak atsiri dan oleorosin yang cukup tinggi pada rimpang jahe merah, membuatnya memiliki peran penting dalam pengobatan. Dapat dimanfaatkan langsung rimpang segarnya atau diolah menjadi berbagai produk seperti jahe kering, serbuk jahe, kopi jahe, dan ekstrak minyak atsirinya.

Jahe merah mengandung senyawa bermanfaat seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya zat aktif yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tidak heran jika jahe merah menjadi ramuan yang sangat digemari.

Baca juga: LIPI Kembangkan Rimpang Jahe Merah Lawan Virus Corona 

Jahe merah juga memiliki kandungan rasa pedas gingerol sehingga sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Namun ternyata masih banyak manfaat lain dari jahe merah bagi kesehatan tubuh. Berikut tujuh di antaranya, sebagaimana dirangkum Okezone.

1. Mengobati sakit kepala

Jahe merah mengandung kamfena, rasa pedas, dan efek hangat yang sangat ampuh untuk meredakan sakit kepala.

2. Mencegah radang usus

Komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim pemicu radang pencernaan.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan lebih kuat dan menambah stamina tubuh.

Baca juga: Kemenristek Uji Jahe Merah, Jambu Biji hingga Minyak Kelapa Murni untuk COVID-19 

4. Meredakan batuk

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah bermanfaat untuk mengatasi batuk, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

5. Mengatasi mual

Salah satu efek jahe merah adalah membantu menghilangkan gas ekstra di saluran usus. Membantu menghilangkan mual selama kehamilan atau kemoterapi.

Baca juga: Cek Fakta, Jahe Berbahaya untuk Ibu Hamil? 

6. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi pil ekstrak jahe merah sebagai suplemen makanan bermanfaat dalam memberikan efek kenyang yang lebih lama pada perut dan efektif untuk membakar kalori.

7. Menjaga kondisi jantung

Konsumsi jahe merah secara rutin terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe, Nomor 3 Ringankan Gangguan Pencernaan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini