5 Manfaat Serai untuk Tubuh, Nomor 3 Tingkatkan Kesehatan Mental

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 481 2313845 5-manfaat-serai-untuk-tubuh-nomor-3-tingkatkan-kesehatan-mental-ENfA8Up2Vj.jpg Ilustrasi tanaman serai. (Foto: Phuonghoangthuy/Pixabay)

SERAI merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai bumbu atau pengharum makanan. Tidak hanya itu, serai ternyata juga telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional atau sebagai alternatif alami untuk obat sintetis.

Tumbuhan ini dipercaya punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, serai juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Tanaman Serai Ternyata Bisa Jadi Penangkal Ular Kobra Lho! 

Berikut ulasan Okezone mengenai manfaat serai bagi tubuh, seperti dilansir dari emedihealth.

1. Mengatasi ketombe

Kandungan minyak esensial yang berasal dari serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur yang berhubungan dengan ketombe.

Cara menggunakannya, encerkan beberapa tetes minyak serai dan oleskan ke area kulit rambut untuk menyingkirkan reaksi alergi. Jika sudah bersih, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak sereh sesuai petunjuk.

2. Mengontrol anemia

Kekurangan sel darah merah untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan menyebabkan tubuh mudah lelah dan lemah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh serai dapat meningkatkan eritropoiesis (produksi sel darah merah), kemungkinan karena kandungan nutrisinya (asam folat, tiamin, tembaga, besi, seng, dan lain-lain), serta sifat antioksidan dan farmakologisnya.

Baca juga: Mau Jalan-Jalan Naik Kendaraan Umum saat Weekend, Ikuti Protokol Kesehatan Ini 

3. Meningkatkan kesehatan mental

Serai diketahui memiliki dampak positif pada fungsi otak, sehingga dapat meredakan stres dan kecemasan. Juga meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri, dan harga diri Anda. Hal ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan membuat siklus tidur Anda yang lebih baik untuk membantu mengatasi insomnia.

4. Membantu merawat gigi

Serai dapat membantu melawan periodontitis (radang gusi), penyakit gusi, dan gigi berlubang melalui sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Anda bisa menggunakan obat kumur berbahan dasar serai, pasta gigi, obat-obatan, dan minyak esensial. Digunakan sebagai tambahan untuk root planing dan perawatan gigi lainnya, untuk meningkatkan kesehatan mulut.

Baca juga: Manfaat Jahe Merah Selain Hangatkan Tubuh: Cegah Sakit Kepala hingga Jantung 

5. Membantu merawat kulit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial serai (Cymbopogon flexuosus) memiliki efek antiinflamasi pada sel kulit manusia dan merupakan agen terapeutik yang baik untuk pengobatan kondisi kulit inflamasi.

Baca juga: 6 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini