Mata Refleks Menutup ketika Bersin, Ini Penjelasannya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 481 2313876 mata-refleks-menutup-ketika-bersin-ini-penjelasannya-zK9DskoqcK.jpg Ilustrasi bersin. (Foto: Sweetlouise/Pixabay)

BERSIN merupakan reaksi tubuh terhadap penyakit flu, alergi, atau sekadar gatal di hidung. Butuh waktu kurang dari 1 detik untuk mengeluarkan sekira 5.000 tetesan lendir dari lubang hidung dengan kecepatan hingga 100 mph. Partikel tersebut dapat melayang di udara sejauh 30 kaki dan bertahan hingga 10 menit.

Ketika bersin, kebanyakan orang refleks menutup matanya. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi?

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Bersin serta MenguapĀ 

Seorang ahli otolaringologi anak dan umum, Dale Tylor MD, menyebutkan hal ini melibatkan otot-otot di sekitar daerah kelopak mata.

Bersin. (Foto: Jcomp/Freepik)

"Saya berspekulasi, tapi rasanya tidak masuk akal untuk membuka mata ketika puluhan ribu mikropartikel keluar dengan kecepatan tinggi dari hidung Anda, karena mungkin saja itu dapat masuk ke mata Anda," kata Tylor, seperti dikutip dari Mental Floss, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Imbau Segera Menjauh dari Orang Batuk dan BersinĀ 

Ini artinya menutup mata sebagai refleks agar virus dan bakteri yang keluar tidak masuk ke mata. Pada beberapa kasus, ada juga sebagian orang yang dapat membuka matanya ketika bersin. Namun, menurut Tylor, orang seperti ini sangat jarang.

Hindari untuk memaksa mata tetap terbuka saat bersin. Biarkan mata tetap melakukan refleks agar mikropartikel berbahaya tidak masuk ke mata.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini