Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 481 2313950 tips-aman-olahraga-supaya-tidak-mudah-sakit-nomor-3-paling-penting-2L4Vv6enhu.jpg Ilustrasi olahraga lari. (Foto: Free-Photos/Pixabay)

OLAHRAGA merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh supaya tetap fit dan dijauhkan dari penyakit. Namun, tidak bisa sembarangan melakukan aktivitas olahraga.

Bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu, baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga. Bisa juga memerhatikan lima poin berikut ini, sebagaimana dikutip dari laman Harvard Health, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga 

1. Pemanasan

Sebelum olahraga, luangkan waktu sekira 10 menit untuk pemanasan lebih dulu. Ini agar otot tidak menjadi tegang. Kemudian juga untuk menghindari cedera.

2. Bertahap

Rencanakan step by step atau bertahap olahraga yang akan Anda lakukan. Terkecuali Anda memang sering berolahraga, hal ini agar badan tidak kaku atau menyebabkan akibat lainnya. Misal yang punya masalah pernapasan, tentunya harus tahu kapan harus mulai dan berhenti.

Baca juga: 5 Gerakan Olahraga Simpel di Rumah Selama Karantina 

3. Jangan Terlalu keras

Berlatih terlalu keras atau terlalu sering dapat menyebabkan cedera akibat penggunaan yang berlebihan seperti patah tulang karena stres, sendi, dan otot yang kaku atau sakit, serta tendon dan ligamen yang meradang.

Olahraga yang memicu kerusakan berulang pada bagian tubuh tertentu seperti berenang (bahu), joging (lutut, pergelangan kaki, kaki), tenis (siku) juga sering menjadi penyebab sakit. Baiknya lakukan perpaduan berbagai jenis aktivitas serta istirahat yang cukup agar lebih aman.

4. Istirahat jika sakit

Kemudian jika Anda sedang sakit, sementara waktu jangan dulu berolahraga. Misalnya ketika Anda sedang joging, tetiba merasa pusing atau mual, maka setop saja karena khawatir malah akan pingsan.

5. Perbanyak minum

Memperbanyak minum air putih juga penting lho. Hal ini agar cairan dalam tubuh Anda tetap stabil, dan tidak dehidrasi. Selain itu Anda juga bisa meminum minuman berenergi, supaya kegiatan olahraga bisa lebih bersemangat lagi.

Baca juga: Mau Punya Body Keren Chris Hemsworth? Coba Ikuti Jadwal Latihannya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini