3 Cara Mencuci Muka dengan Benar Sesuai Jenis Kulit, Yuk Perhatikan

Novia, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 611 2313964 3-cara-mencuci-muka-dengan-benar-sesuai-jenis-kulit-yuk-perhatikan-vLt5JljpfT.jpg Ilustrasi cuci muka. (Foto: Livestrong)

SETIAP orang telah banyak membaca tentang betapa pentingnya mencuci muka. Tapi berapa banyak dari Anda yang tahu cara mencuci muka berdasarkan jenis kulit?

Itulah yang paling penting. Jika Anda tidak memerhatikan cara mencuci muka sesuai kulit, mungkin ini akan makin merusak kulit Anda.

Baca juga: Beautypedia, Apa Itu Facial Wash? 

Maka itu, Okezone akan membahas tentang tips mencuci muka dengan benar berdasarkan jenis kulit. Berikut ini di antaranya, sebagaimana dikutip dari Times of India.

1. Untuk kulit berminyak

Anda harus mencari pembersih wajah berbahan busa atau gel pembersih. Pilih produk berbahan busa yang dapat membersihkan kulit Anda tetapi tidak mengupas kulit dari semua minyak. Lalu gunakan pembersihan ganda dengan minyak diikuti dengan pembersih berbasis air karena sangat ideal untuk menghilangkan sebum dan kotoran. Setelah itu tepuk-tepuk kulit hingga kering dan mengoleskan toner setelah dibersihkan.

2. Untuk kulit kering

Kulit kering memerlukan perawatan khusus karena mencucinya dengan produk yang salah hanya akan memperburuk kulit yang mengelupas dan kering. Dianjurkan untuk memilih produk yang bebas alkohol dan memberikan hidrasi pada kulit. Pastikan produk tersebut juga bebas paraben dan pewangi.

Lalu pada saat bepergian, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak wajah lalu menyekanya dengan tisu bebas alkohol saat Anda ingin membersihkan wajah. Cuci pembersih gel atau balm Anda dengan memercikkan air ke wajah Anda dan tepuk-tepuk untuk mengeringkan kulit Anda dengan handuk bersih.

Baca juga: 4 Alasan Cuci Muka dengan Air Dingin Baik Untuk Kulit 

3. Untuk kulit kombinasi

Hindari produk yang terlalu kuat karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Kulit kombinasi membutuhkan produk yang seimbang karena bagian kulit tertentu kering sementara zona T dan dagu menjadi berminyak. Gunakan pembersih wajah berbahan dasar gel yang membersihkan wajah tanpa membuatnya kering.

Baca juga: Cegah COVID-19, Seberapa Sering Harus Cuci Muka? 

Micellar water merupakan pilihan efektif untuk membersihkan jenis kulit ini. Gunakan scrub pengelupas setidaknya dua kali seminggu setelah mencuci muka karena dapat membersihkan penumpukan minyak di kulit kombinasi. Oleskan toner bebas alkohol setelah mencuci wajah karena membantu menghilangkan sisa-sisa penumpukan di pori-pori dan meminimalkannya.

Pijat scrub dengan lembut di atas kulit kasar yang tersumbat untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan minyak sebelum mencucinya. Tepuk-tepuk wajah Anda dan lanjutkan dengan toner.

Baca juga: Punya Kulit Berminyak, Coba Atasi dengan 6 Cara Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini