Unik, Gadis Ini Lebih Suka Pakai Baju Abad ke-19 daripada Fashion Modern

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 23 November 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 194 2314593 unik-gadis-ini-lebih-suka-pakai-baju-abad-ke-19-daripada-fashion-modern-5HBbdzLkCn.jpg Pakai baju abad ke-19

Seorang gadis muda dari Kota Vinnitsa di Ukraina, Mila Povoroznyuk telah menghindari jeans, dan semua pakaian modern lainnya. Ia justru memilih untuk menggunakan gaun panjang dan ansambel dengan motif rumit seperti yang digunakan pada abad ke-19.

Saat ini perkembangan fashion dunia memang sangat berkembang pesat. Banyak gaya modern baru yang bermunculan, tapi Mila Povoroznyuk justru tidak mau mengikutinya. Ia justru memutuskan untuk kembali ke masa yang tidak akan pernah ketinggalan zaman, yakni gaya akhir abad ke-19.

 Mila

Selama beberapa tahun terakhir, ia telah mengganti lemari pakaiannya yang biasa dengan pakaian vintage. Termasuk gaun panjang, korset, semua jenis topi dan alas kaki yang elegan dari akhir Era Victoria.

Meskipun berpakaian setiap pagi jauh lebih merepotkan daripada sebelumnya, Mila mengatakan itu sepadan, karena gaya vintage membuatnya merasa jauh lebih nyaman.

“Pertama saya mulai mengenakan blus vintage, kemudian rok, dan entah bagaimana pakaian vintage seperti itu secara bertahap mulai memenuhi lemari saya. Saya semakin memilihnya dalam kehidupan sehari-hari, daripada pakaian biasa. Saya merasa lebih nyaman, lebih percaya diri dengan pakaian seperti itu. Sekarang saya praktis berpakaian seperti ini setiap hari,” kata Povoroznyuk, melansir dari Oddity Central, Senin (23/11/2020).

Mila selalu terpesona oleh mode vintage, dan 12 tahun yang lalu ia masuk ke klub rekonstruksi sejarah. Di mana para anggotanya sangat menyukai pertarungan ksatria abad pertengahan.

Ini memberinya kesempatan untuk menjahit kostum untuk berbagai festival dan pemeragaan pertempuran, menggunakan semua jenis ukiran dan lukisan tua sebagai panduan.

Ini memungkinkannya tidak hanya mempelajari sejarah mode secara langsung, tetapi juga belajar cara menjahit sendiri semua jenis pakaian. Koleksi pakaian vintage Mila Povoroznyuk saat ini berjumlah lebih dari 100 macam.

Pakaian tersebut berasal dari berbagai periode waktu, namun sebagian besar terinspirasi oleh mode akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Menurut Povoroznyuk, ia tampak sehat dan cantik, bahkan ia tidak memoles wajahnya dengan lapisan riasan dan jarang menggunakan lipstik. Banyak orang mengira bahwa pakaian yang paling tidak nyaman di lemari pakaian Povoroznyuk adalah korset, tetapi meskipun dia memakainya setiap hari.

 Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

Gadis Ukraina itu mengatakan tidak sulit untuk mengenakannya sama sekali. Faktanya ia merancang korset khusus untuk postur tertentu, sehingga sebenarnya cukup nyaman.

Mila menemukan banyak blus dan sepatu di toko barang bekas, dan ia menjahit sendiri sisa pakaiannya.

Ia mendapat inspirasi dari buku-buku lama. Sedangkan untuk asesorisnya, dia menemukan barang-barang vintage di koleksi pribadi penggemar yang berpikiran sama, serta membelinya dari pasar loak.

Mila

Mila Povoroznyuk telah mendandani dirinya hampir secara eksklusif dengan pakaian vintage yang berasal dari abad ke-19 selama dua tahun terakhir. Ia juga menyebut dirinya "wanita vintage".

Dia telah membuat tutorial menjahit dan foto lemari pakaian vintage-nya secara online, dan telah memiliki pengikut yang banyak di Instagram.

Ketertarikan Mila Povoroznyuk untuk menghindari mode modern demi menjaga era lampau bukanlah hal unik pertama kali. Sebelumnya ada perempuan bernama Sarah Chrisman, yang berpakaian dan hidup seperti di abad ke-18.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini