8 Makanan yang Bikin Awet Muda, Sering Konsumsi Yuk

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 23 November 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 298 2314391 8-makanan-yang-bikin-awet-muda-sering-konsumsi-yuk-GOQN2eS4zQ.jpg Biji bunga matahari (Foto: The Indian Express)

Hampir tidak ada orang yang tidak ingin awet muda. Merawat kuku, rambut, dan kulit adalah sebagian dari beberapa hal penting agar menjaganya tetap muda.

Perawatan bisa dilakukan lewat luar dan dalam. Untuk bagian dalam, Anda membutuhkan dorongan protein bernama keratin yang bisa membuat kuku, rambut, dan kulit agar lebih kuat dan sehat.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa membantu memproduksi keratin dari makanan yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari menurut Times of India.

 telur

1. Telur

Memakan telur adalah cara salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produksi keratin secara alami. Selain itu, telur sebagai sumber biotin yang baik dan penting dalam sintesis keratin.

2. Ubi

Ubi ini bernutrisi sangat tinggi dan baik untuk membantu memproduksi keratin. Juga mengandung beta karoten yang selanjutnya diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A meningkatkan sintesis keratin dan penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung banyak L-sistein, sebuah asam amino yang ditemukan pada keratin. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu kesehatan kulit.

4. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan protein. Seperti telur, salmon juga sumber biotin yang baik untuk memproses produksi keratin. Asam lemak omega 3 pada salmon bisa membantu pertumbuhan rambut, menambah kesuburan rambut, dan melindunginya dari kerontokan.

5. Mangga

Mangga adalah buah lezat mendukung sintesis keratin pada tubuh. Penuh dengan provitamin A yang bisa membantu meningkatkan produktivitas keratin.

6. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari yang asin ini adalah sumber biotin dan protein yang sudah pasti membantu prosuksi keratin. Nutrisi lainnya yang terkandung dalam biji bunga matahari adalah vitamin E yang baik untuk kulit.

7. Wortel

Wortel tinggi akan kandungan vitamin C yang meningkatkan sintesis kolagen untuk mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Vitamin ini juga membantu penyembuhan luka, meredakan peradangan, dan melindungi dari kerusakan kulit. Selain itu wortel juga memiliki banyak biotin, vitamin B6, kalium, dan vitamin K1.

Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

8. Kale

Kale adalah bagian dari sayuran hijau yang memiliki banyak provitamin A yang bisa meningkatkan produktivitas keratin. Kale juga merupakan sumber vitamin C yang membantu merangsang produksi kolagen, sejenis protein yang menjaga kekuatan, struktur, dan elastisitas kulit Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini