9 Manfaat Apel untuk Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 23 November 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 298 2314418 9-manfaat-apel-untuk-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-KvfbRZfcmt.jpg Apel lezat (Foto: WGVU)

Apel mengandung banyak vitamin dan diperkaya oleh protein di dalamnya. Selain rasanya yang manis dan segar, apel ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini berbagai manfaat buah apel yang perlu Anda ketahui. Sering-sering konsumsi yuk!

 apel

1. Penuh nutrisi

Apel mengandung vitamin A, E, B1, B2, dan B6. Apel juga kaya akan polifenol. Meskipun label nutrisi tidak mencantumkan senyawa tanaman ini, apel dipercaya mempunyai banyak manfaat kesehatan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari apel, biarkan tetap memakan kulitnya karena mengandung setengah dari serat dan banyak polifenol.

2. Menurunkan berat badan

Apel kaya akan serat dan air, dua kualitas yang membuatnya mengenyangkan. Peneliti berpendapat bahwa apel lebih mengenyangkan karena kurang padat energi, namun tetap menghasilkan serat dan volume. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalamnya dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, 50 wanita yang kelebihan berat badan, peserta yang makan apel kehilangan rata-rata 2 pon (1 kg) dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan, dibandingkan dengan mereka yang makan kue gandum dengan kandungan kalori dan serat yang sama.

3. Baik untuk jantung

Apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satu alasannya karena apel mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda. Apel juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan.

Salah satu polifenol ini adalah epikatekin flavonoid, yang dapat menurunkan tekanan darah. Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL "buruk", dan bertindak sebagai antioksidan.

4. Menurunkan risiko diabetes

Dalam sebuah penelitian, makan apel dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Penurunan 28% lebih rendah dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan, hanya mengonsumsi beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang sama.

Ada kemungkinan bahwa polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas Anda. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh Anda dan sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2.

 Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

5. Memiliki efek prebiotik dan bakteri usus yang baik

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Ini berarti memberi makan bakteri baik di usus Anda. Usus kecil Anda tidak menyerap serat selama proses pencernaan. Sebaliknya, ia masuk ke usus besar Anda, di mana ia dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik. Itu juga berubah menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang bersirkulasi kembali ke seluruh tubuh Anda.

6. Mencegah kanker

Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi pada apel dapat berpengaruh pada efek pencegahan kanker yang potensial.

7. Membantu melawan asma

Apel kaya antioksidan yang dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif. Sebuah penelitian besar di lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan apel paling banyak memiliki risiko asma terendah. Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

8. Baik untuk kesehatan tulang

Kepadatan tulang yang lebih tinggi merupakan penanda kesehatan tulang. Para peneliti percaya bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, salah satunya pada apel.

9. Membantu melindungi otak

Jus apel memiliki manfaat untuk mengurangi penurunan mental terkait usia. Jus apel dapat membantu mempertahankan asetilkolin, neurotransmitter yang dapat menurun seiring bertambahnya usia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini