Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Jus Seledri di Rumah

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 23 November 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 481 2314275 ketahui-manfaat-dan-cara-membuat-jus-seledri-di-rumah-6LY8bx9Jyo.jpg (Foto: Corbis)

Jus seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khususnya bagi orang-orang yang sedang menjalani diet.

Beberapa kandungan nutrisi pada sayuran seledri ini, meliputi serat, asam folat, vitamin A, Vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, dan antioksidan. Berikut penjelasannya lebih lanjut seperti dikutip dari Healthline.

1. Menghidrasi

Semua orang membutuhkan cairan setiap hari, maka dari itu tetap terhidrasi adalah bagian paling penting bagi tubuh. Hidrasi akan membantu mengatur tekanan darah, suhu tubuh, fungsi otak, pengiriman nutrisi, eksresi limbah, dan kesehatan ginjal.

2. Rendah gula

Jus seledri adalah minuman yang lebih sehat ketimbang minuman manis lainnya. Sebanyak 240 mili liternya memiliki 5 gram gula saja. Oleh sebab itu, mengonsumsi jus seledri bisa membantu mengurangi asupan gula dan kalori dalam tubuh.

3. Antiinflamasi

Jus seledri kaya akan senyawa fitonutrien yang dapat mengurangi peradangan. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang membantu menurunkan stres oksidatif.

Dalam diet kaya antioksidan, jus seledri bisa meningkatkan kesehatan kulit, terhindar dari penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.

 Jus seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengembalikan Warna Alami Gigi

Setelah mengetahui banyak tentang manfaatnya, ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya di rumah.

1. Menggunakan juicer

Penggunaan mesin juicer ini adalah yang paling mudah. Hanya butuh 3-4 batang seledri yang sudah dicuci bersih, masukan ke dalamnya, dan pencet tombol pemrosesnya.

2. Haluskan

Jika tidak memiliki juicer, potong 3-4 batang seledri yang sudah dicuci dan haluskan. Lalu saring cairan seledri ke dalam gelas. Setelah itu tekan-tekan perlahan agar mengeluarkan semua sari-sarinya.

3. Penambah rasa

Untuk memberinya rasa yang lain, coba tambahkan apel hijau, jahe, atau perasan lemon ke dalam jus seledri.

Saat meminum jus ini akan lebih baik jika dibarengi dengan memakan makanan penuh serat lainnya, lemak sehat, dan protein untuk menjaga perut tetap kenyang. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini