Apakah Olahraga Bikin Orang Tak Mudah Sakit?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 23 November 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 481 2314366 apakah-olahraga-bikin-orang-tak-mudah-sakit-5egZi8fQCf.jpg Olahraga teratur (Foto: The Conversation)

Cuaca ekstrem seperti saat ini membuat virus dan bakteri semakin aktif. Terlebih situasi dunia yang sedang diguncang oleh pandemi Covid-19, menuntut imunitas tubuh yang fit agar tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu cara yang kerap dilakukan masyarakat tetap sehat dan bugar adalah berolahraga. Namun apakah olahraga efektif membuat orang tidak mudah sakit?

 olahraga

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.K.O mencoba menjelaskan tentang pengaruh olahraga dengan imunitas tubuh. Sebab masih banyak masyarakat yang salah kaprah tentang fungsi olahraga selama pandemi Covid-19.

“Olahraga dibagi menjadi tiga, yakni untuk kesehatan, prestasi, dan rekreasi. Semua program dan gerakannya beda. Untuk kesehatan intensitasnya ringan dan sedang, untuk prestasi olahraganya berat,” dr. Michael.

Dokter Michael mengatakan, di antara olahraga untuk kesehatan dan prestasi, terdapat olahraga rekreasi. Orang yang melakukan olahraga rekreasi artinya tidak mendapat kesehatan atau prestasi.

“Jika olahraga untuk kesehatan, intensitasnya ringan dan sedang. Nah, tubuh akan lebih tahan terhadap virus. Kalau olahraga rekreasi biasanya intesitasnya lebih tinggi sementara prestasi lebih tinggi lagi,” lanjutnya.

Lebih lanjut dr. Michael mengatakan, semakin tinggi intensitas seseorang dalam berolahraga, maka akan semakin besar membuka peluang terinfeksi.

Alhasil tidak aneh kalau para atlet rentan terinfeksi Covid-19 karena imunitas mereka menjadi tidak baik.

Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

“Kalau olahraga paling berat lagi seperti atlet justru lebih sehat? Ini salah karena mereka tujuannya untuk prestasi. Mereka akan memacu kemampuan tubuhnya sampai melewati batas, sehingga imunitas tubuh mereka justru lebih lemah,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini