4 Alasan Mengapa Pasta Gigi Tak Boleh Dioleskan ke Jerawat

Novia, Jurnalis · Senin 23 November 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 611 2314576 4-alasan-mengapa-pasta-gigi-tak-boleh-dioleskan-ke-jerawat-au38vbZ3fS.jpg Mengatasi jerawat (Foto: Teen Vogue)

Dalam hal mengatasi jerawat, salah satu trik kecantikan paling umum yang kita semua pernah dengar adalah mengoleskan pasta gigi, yang ternyata bekerja secara ampuh.

Pasta tersebut mengandung bahan-bahan seperti soda kue, hidrogen peroksida, alkohol, dan sebagainya yang dapat membantu mengeringkan jerawat. Namun, mengoleskan pasta gigi pada jerawat bukanlah solusi yang aman, berikut alasannya seperti dilansir dari Times of India.

 pasta gigi

1. Kulit menjadi iritasi

Menerapkan pasta pada jerawat adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling banyak dicoba dan sudah teruji. Kandungan triclosan membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit. Bahan ini langsung bekerja pada jerawat dan memberikan hasil yang cepat dan terdengar sangat menjanjikan.

Namun ternyata pakai pasta gigi di jerawat bisa membuat iritasi kulit. Pasta dibuat untuk gigi yang berarti konsentrasinya lebih tinggi dan lebih keras, lalu dioleskan ke wajah maka akan timbul gatal dan sensasi terbakar.

2. Kulit menjadi kering

Ketika jerawat besar Anda mulai tumbuh, pasta gigi bisa langsung mengecilkan ukurannya. Anda dapat menghilangkan ukuran jerawat, tetapi ini juga akan membuat kulit Anda sangat kering.

Jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, kulit Anda bahkan bisa lebih banyak timbul jerawat, iritasi dan kekeringan kulit.

3. Bekas luka

Pada situasi terburuk, mengoleskan pasta pada jerawat juga dapat menyebabkan bekas luka. Bagi mereka yang berjerawat merah, pasta gigi akan menimbulkan banyak sensasi terbakar yang pada akhirnya akan mengeringkan jerawat. Tapi dengan reaksi yang begitu keras, terkadang hal tersebut akan menimbulkan bekas jerawat yang tidak diinginkan.

Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

4. Tetap berhati-hati

Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat harus selalu menjadi pilihan terakhir Anda. Namun, jika Anda masih merasa perlu, pilih pasta tanpa pewarna atau pemutih tambahan, karena formula ini dapat semakin mengiritasi kulit Anda dan memperburuk jerawat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini