Hati-Hati, Tikus Jambul Ini Bawa Racun Mematikan di Bulunya

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 23 November 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 612 2314373 hati-hati-tikus-jambul-ini-bawa-racun-mematikan-di-bulunya-JDndtsvZMZ.jpg Tikus jambul Afrika. (Foto: IFL Science)

SEBUAH studi baru mengungkap hewan tikus bisa membawa racun yang mematikan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Mammalogy. Diungkapkan ada seekor tikus aneh yang hidup di Afrika dan merupakan satu-satunya mamalia yang diketahui mengumpulkan racun tanaman sebagai alat pertahanan kimiawi.

Para penduduk Afrika Timur telah lama mengetahui bahwa tikus jambul Afrika (Lophiomys imhausi) ini sangat berbahaya. Sebuah studi pada 2011 menunjukan bahwa tikus tersebut mengumpulkan racun dari pohon (Acokanthera schimperi) yang telah digunakan oleh manusia untuk berburu karena kaya akan kandungan cardenolides yang sangat beracun.

Baca juga: Waduh, Tikus Besar Berkeliaran di Restoran Ini 

Dikutip dari IFL Science, Senin (23/11/2020), ketika dalam keadaan terancam, tikus-tikus ini membuat jambul rambut di sepanjang punggung mereka. Oleh karena itu, diduga mereka mempersenjatai ini dengan mengunyah kulit kayu Acokanthera dan menjilati racun ke bulu mereka.

Guna mengetahui lebih lanjut, penelitian menjebak 25 tikus jambul Afrika untuk mengumpulkan ukuran sampel terbesar yang pernah dipelajari. Setelah meninjau hampir 1.000 jam rekaman. Peneliti menemukan bahwa mengumpulkan toksin Acokanthera adalah hal biasa dan diketahui bahwa kehidupan sosial hewan yang tidak biasa ini sangat kompleks.

Baca juga: Ditemukan "Tikus Raksasa" Setelah Fenomena Badai di Meksiko 

Meskipun membawa racun mematikan, tikus ini tergolong hewan herbivora yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan, kawin saat musim kawin tiba, merawat anggota kelompoknya, dan memanjat tembok untuk mencapai sarang mereka.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini