Kantor Berita Ini Buat News Anchor AI, Mirip tapi Menakutkan Penonton

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 23 November 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 612 2314519 kantor-berita-ini-buat-news-anchor-ai-mirip-tapi-menakutkan-penonton-qli9fObf4C.jpg News anchor Kim Ju-ha bertenaga AI. (Foto: Oddity Central)

SALURAN televisi Korea Selatan, MBN, baru-baru ini memperkenalkan pembawa berita bertenaga artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pertama di Asia. Teknologi AI ini adalah versi realistis yang paling mirip dengan news anchor ternama Kim Ju-ha.

Teknologi ini dikembangkan oleh MBN dalam kemitraan dengan perusahaan produksi kecerdasan buatan Money Brain. Pembawa berita bertenaga AI pertama Korea Selatan ini dilaporkan sangat mirip dengan sosok manusia aslinya.

Baca juga: Unik, Pria Ini Buat Perahu Pembelah Sungai Berbentuk Ritsleting 

Tidak hanya memiliki tampilan dan suara yang sama persis dengan presenter populer tersebut, ia juga mampu menirukan gerakan-gerakan kecil yang terkadang dilakukan Kim, seperti mengutak-atik pena saat memberitakan berita.

Selama siaran pada 6 November 2020, AI Kim bahkan berbagi percakapan dengan Kim Ju-ha di kehidupan nyata untuk membandingkan suara mereka. Terbukti banyak orang yang tampaknya ketakutan dengan kemiripan yang mereka miliki.

News anchor Kim Ju-ha bertenaga AI. (Foto: Oddity Central)

"Saya diciptakan melalui pembelajaran mendalam 10 jam video Kim Ju-ha, mempelajari detail suaranya, cara dia berbicara, ekspresi wajah, cara bibirnya bergerak, dan cara dia menggerakkan tubuhnya. Saya bisa melaporkan berita persis seperti yang dilakukan pembawa berita Kim Ju-ha," ucap AI tersebut, sebagaimana dilansir Oddity Central, Senin (23/11/2020).

MBN mengungkapkan bahwa pembawa acara AI mungkin lebih cocok untuk menghadapi bencana alam dan keadaan darurat lainnya. Sebab mereka tersedia kapan saja, siang atau malam. Perusahaan juga mengharapkan teknologi baru ini dapat membantu memangkas biaya tenaga kerja dan produksi di masa depan.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Arti Angka-Angka di Barcode Produk 

Meski terdengar menakutkan bagi pembaca, beberapa ahli yakin bahwa avatar digital bertenaga AI tidak akan pernah sepenuhnya menggantikan pembawa berita manusia.

Seorang Profesor di School of Communication and Media di Ewha Womans University, di Kota Seoul, Yoo Seung-chul, percaya bahwa konsep yang dikenal sebagai "uncanny valley" yakni peran robot atau avatar digital yang hampir menyerupai manusia tampaknya terlalu aneh bagi sebagian manusia.

Kondisi tersebut menimbulkan perasaan tidak sehat. Selain itu dengan menggunakan metode konvensional, maka akan membantu pembawa acara manusia mempertahankan pekerjaan mereka.

"Itu tidak bisa melewati garis yang sangat halus di mana itu tidak terlalu berbeda dari kita, tapi juga tidak terlalu mirip. Dan bahkan jika menjadi terlalu alami bagi kita untuk mengatakan apakah itu nyata atau tidak, pikiran manusia akan segera menolaknya begitu ia mengetahui bahwa itu tidak nyata," terang Yoo.

Baca juga: Kisah Anjing Dou-Dou Berjalan 60 Km untuk Pulang Setelah Hilang Sebulan 

Reaksi penonton terhadap peluncuran AI Kim pada 6 November 2020 menuai respons beragam. Beberapa orang memuji kemiripannya dengan Kim Ju-ha yang asli, sementara yang lain menyatakan ketakutan oleh kemiripan tidak wajar yang sama.

Meskipun AI Kim adalah pembawa berita bertenaga AI pertama di Korea Selatan, ini bukan yang pertama di dunia. Beberapa tahun lalu kantor berita China, Xinhua, meluncurkan dua pembawa berita AI yang tampak sangat realistis.

Tahun lalu juga diikuti dengan pembawa berita bertenaga AI wanita pertama yang terlihat sama mengesankannya dengan avatar digital MBN.

Baca juga: Makanan Cepat Saji Disimpan Selama 24 Tahun, Ini Wujudnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini