6 Cara Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Pacar

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 23 November 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 612 2314552 6-cara-mengatasi-rasa-takut-kehilangan-pacar-gG4Rxr0Obv.jpg Takut kehilangan pacar (Foto: Shutterstock)

Wajar jika seseorang merasa takut kehilangan pasangannya. Memang sukar membayangkan orang yang menemani, pergi begitu saja bersama kekasih barunya.

Rasa cemas akan kehilangan pacar memang hal yang sering dialami banyak orang. Namun, membiarkan ketakutan itu berkembang menjadi kecemasan yang tidak berhenti hanya akan merugikan Anda.

Meskipun mungkin sulit untuk melepaskan rasa takut, begitu Anda melakukannya, Anda akan melihat betapa berharganya hal itu.

Berikut Okezone paparkan bagaimana mengatasi ketakutan kehilangan pacar, seperti dilansir dari Regain.

takut kehilangan pacar

1. Akui bahwa Anda memiliki ketakutan

Mungkin Anda tidak dapat mengidentifikasi mengapa Anda merasa takut kehilangan pacar. Namun Anda harus menggali untuk menemukan akar penyebabnya. Dengan mengatakan kepada diri sendiri dan orang yang Anda cintai bahwa Anda takut kehilangan adalah langkah besar ke arah yang benar.

Ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik ke depan dan membantu menjelaskan mengapa sikap Anda seperti ini.

2. Kendalikan emosi

Dalam hidup semua hal berisiko. Selalu ada risiko kehilangan ketika Anda mulai mencintai seseorang. Saat Anda siap mencintai, maka Anda juga harus siap kehilangan juga.

Kenali ketakutan itu apa adanya, kemudian berusahalah untuk mengendalikan rasa takut itu. Jangan biarkan rasa takut kehilangan pacar menguasai hidup Anda.

3. Berusaha sembuh dari rasa sakit di masa lalu

Untuk membuka hati dan menjalani hubungan kembali dengan seseorang, Anda sudah harus siap dan telah sembuh dan membuang segala rasa sakit di masa lalu. Memang tidak mudah bangkit kembali setelah Anda terluka karena membutuhkan waktu dan upaya.

Jika Anda berada dalam hubungan baru, terbukalah kepada pasangan Anda tentang rasa sakit yang masih menyisa. Jelaskan dari mana rasa takut Anda berasal dan bekerja sama untuk mencoba mengatasinya.

4. Berhati-hati saat bertengkar

Rasa takut kehilangan orang yang dicintai sering kali dapat memicu pertengkaran hebat antar pasangan. Saat Anda merasa tidak aman dan takut, Anda sering mencari alasan untuk mendukung rasa takut Anda.

Ungkapkan perasaan Anda saat perasaan itu datang. Biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda takut. Bicarakan tentang hal itu, jadikan fokus percakapan alih-alih saling menuduh saling menyakiti. Jika Anda dapat menentukan di mana ketidakamanan itu, Anda kemudian dapat menemukan cara untuk melewatinya bersama-sama.

5. Bangun komunikasi yang baik

Semua langkah di atas tidak akan berhasil tanpa adanya komunikasi. Komunikasi yang baik adalah pondasi suatu hubungan. Hubungan akan berjalan dengan semestinya jika keduanya saling terbuka dan jujur satu sama lain. Jelaskan bagaimana masa lalu Anda memengaruhi Anda, minta pasangan Anda untuk membantu Anda maju.

Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

6. Meminta bantuan

Bicaralah dengan teman, kerabat, rekan kerja, atau psikolog. Terkadang, perspektif luar dapat membantu Anda melihat masalahnya. Ini akan membantu Anda mengambil langkah keluar dan melihat ke mana Anda harus melangkah maju dari rasa takut.

Jangan biarkan rasa takut menguasai Anda, jika saatnya Anda bersama pacar, maka nikmati momen tersebut. Namun jika pacar suatu hari meninggalkan Anda, maka terimalah dengan lapang dada, mungkin Anda akan menemukan orang yang lebih baik darinya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini