Susunan Pernikahan Adat Sunda, Prosesinya Bisa Sampai Berhari-hari

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 23 November 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 612 2314654 susunan-pernikahan-adat-sunda-prosesinya-bisa-sampai-berhari-hari-X21BXSTmA4.jpg Prosesi pernikahan adat Sunda (Foto : Mulpix)

Pernikahan dengan adat Sunda kerap dilakukan oleh pasangan yang memiliki hubungan darah dengan suku tersebut. Selebritis yang baru-baru ini menjalani pernikahan adat Sunda adalah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud memilih adat Sunda. Susunan pernikahan adat Sunda dikenal sangat panjang.

Bahkan, susunan pernikahan adat Sunda bisa sampai berhari-hari untuk menyelesaikan segalanya. Nah berikut ini prosesi pernikahan adat Sunda, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Nendeun Omong

Adat Sunda

Sumber Foto : tirasenna.blogspot.com

Nendeun omong atau artinya menyimpan janji merupakan salah satu ritual pertama yang dilakukan. Hal ini untuk memastikan apakah calon perempuan belum menerima lamaran dari orang lain.

2. Narosan

Narosan artinya bertanya atau lamaran dari pihak laki-laki dan perempuan. Nantinya calon suami akan memberikan Sirih atau beberapa benda dan uang untuk memastikan, serta ikut membiayai pernikahan.

Baca Juga : 5 Potret Cantik Vicy Melanie Pakai Busana Sunda di Akad Nikah

3. Seserahan

Seperti pada pernikahan lainnya, adat Sunda juga melakukan seserahan dari mempelai laki-laki ke perempuan. Prosesi seserahan pada pernikahan adat Sunda biasa dilakukan tujuh sampai satu hari sebelum hari pernikahan.

4. Ngeuyeuk Seureuh

Prosesi Ngeuyeuk Seureuh dipimpin oleh Pengeuyeuk. Pengeuyeuk akan mempersilakan kedua calon pengantin meminta izin, serta doa restu dari orangtua diiringi lagu kidung oleh Pengeuyeuk.

Kemudian calon pengantin akan disawer beras, lalu dikeprak dengan sapu lidi layanan nasihat, kain putih penutup Pengeuyeuk pun dibuka.

Setelah itu pembelahan mayang jambe dan buah pinang oleh calon mempelai pria. Prosesi tetsebut akan diakhiri dengan menumbukkan alu ke dalam lumpang sebanyak tiga kali oleh calon mempelai pria.

Lalu dilanjutkan dengan membuat lungkun, dan berebut uang.

5. Siraman

Siraman

(Foto : Antijitters Photo)

Kemudian dalam prosesi adat Sunda dilakukan siraman. Pertama ngacakeun aisan, Ngaras, Campur cai (air) siraman, siraman, dan ngerik atau potong rambut.

6. Ngajemput calon salaki

Artinya menjemput calon mempelai laki-laki yang baru saja tiba. Kemudian dilanjutkan dengan Ngabageakeun, yakni dijemput oleh ibu dari mempelai perempuan.

7. Akad Nikah

Setelah itu dilakukan akad nikah, dengan waktu yang telah ditentukan oleh masing-masing yang punya hajatan.

Akad nikah bisa dilangsungkan di rumah calon mempelai perempuan, gedung resepsi atau masjid. Tergantung dengan acaranya.

8. Sungkeman

Kevin Aprilio Vicy Melanie

Selanjutnya kedua mempelai melakukan sungkeman kepada masing-masing orangtua, yakni meminta restu, doa dan meminta maaf karena mereka akan menjadi suami istri.

9. Saweran, meuleum harupat, nincak endog

Setelah itu dilanjutkam dengan saweran, meuleum harupat (membakar harupat), dan nincak endog atau menginjak telur.

10. Ngaleupas japati, muka panto, huap lingkup

Kemudian kedua mempelai ngaleupas japati (melepaskan merpat, membuka pintu, huap lingkup yaitu kedua mempelai disuapi makanan oleh orangtua.

11. Pabetot bakakak

Terakhir adalah pabetot bakakak, atau saling tarik ayam bakar utuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini