5 Cara Ampuh Move On dari Mantan Pacar yang Masih Kamu Cintai

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 23 November 2020 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 612 2314696 5-cara-ampuh-move-on-dari-mantan-pacar-yang-masih-kamu-cintai-37LiOYRzG7.jpg Cara move on (Foto: Elite Daily)

Tidak ada seorang pun yang menginginkan perpisahan. Mengalami cinta yang indah, namun berakhir dengan perpisahan memang membawa luka hati yang dalam.

Sesakit apapun itu janganlah berlarut-larut dalam kesedihan. Masih banyak hal lainnya yang perlu kamu perhatikan, seperti masa depan. Lupakanlah mantan pacar dengan perlahan.

Seiring berjalannya waktu dan memulihkan diri dari putus cinta, cobalah 5 cara move on ampuh berikut ini seperti dilansir dari Psychology Today.

 putus

1. Putuskan kontak

Setelah putus, kamu tidak perlu mengganti predikat mantan pacarmu menjadi teman. Mempertahankan pertemanan dengan mantan bukan berarti tanda kamu jadi lebih dewasa. Namun hal terpenting adalah menjaga dirimu dan mentalmu.

Lindungi dirimu dulu dan beri tahu dia jika kamu butuh ruang dan memilih untuk tidak usah saling menghubungi dulu, selama yang kamu butuhkan.

2. Hapuskan memori

Terbentuk dan berakhirnya hubungan pasti mempunyai alasan. Seperti di awal bersama setiap pasangan pasti memiliki ekspektasi yang diharapkan pada saat itu.

Menghapus peristiwa-peristiwa masa lalu yang terjadi di antara kalian akan mendukung proses move on kamu. Lepaskanlah dengan mengakui dan menerima segala sesuatu yang terjadi pada kalian memang sudah seharusnya terjadi.

3. Berdamai dengan masa lalu

Saat seseorang memperlakukanmu dengan tidak baik, maka kamu secara alami meresponnya dengan amarah. Rasa marah ini membantu kamu lebih sadar akan situasi yang tidak diinginkan dan memudahkan proses perpisahan dari hubungan yang tidak sehat.

Tidak ada yang lebih sakit daripada seseorang yang kamu cintai tidak bisa dipercaya lagi. Memaafkan bukan tentang membiarkan dia kembali dalam hidupmu.

4. Ketahuilah bahwa tidak apa-apa kamu masih mencintainya

Cinta tidak pernah salah. Saat sesorang datang ke hidupmu dan memberikan kesempatan untuk merasakan cinta itu adalah anugerah. Tapi move on tidak selalu berarti mengakhiri rasa cinta kamu kepadanya.

Terkadang satu-satunya cara melepaskan, adalah mencintainya dengan cukup menginginkan yang terbaik untuk hidupnya meski kalian tidak bersama. Cukup cintai dari jauh hingga pelan-pelan rasa itu pudar.

 Baca juga: Tips Aman Olahraga Supaya Tidak Mudah Sakit, Nomor 3 Paling Penting

5. Fokus untuk mencintai dirimu

Untuk beberapa orang ini adalah bagian tersulit. Percaya bahwa kamu layak berada dalam hubungan dengan seseorang yang bisa memperlakukanmu dengan baik, mengharuskan kamu memandang diri sendiri secara positif. Oleh karena itu saat putus cinta, merupakan saatnya fokus untuk mencintai dirimu sendiri lebih banyak dan lebih baik lagi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini