Resep Kue Lapis India, Jajanan Pasar Khas Banjarmasin yang Manis dan Lembut

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 298 2314924 resep-kue-lapis-india-jajanan-pasar-khas-banjarmasin-yang-manis-dan-lembut-JIvEDBK6RV.jpg Lapis India jajanan pasar khas Banjarmasin (Foto : Resep Bunda)

Kue lapis jadi salah satu jajanan pasar yang mudah Anda temui di setiap daerah. Rasanya manis, teksturnya lembut menjadikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Namun lain halnya dengan kue lapis India khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rasanya manis, memiliki tekstur yang sama lembutnya, dan bentuknya meliuk-liuk.

Dikutip dari akun Facebook Resep Bunda, ini cara membuat lapis India khas Banjarmasin yang bisa Anda coba di rumah.

Kue Lapis India

Bahan-bahan:

- 150 gram gula merah sisir

- 200 mili liter air

- 2 lembar daun pandan

Rebus semuanya sampai gula larut, saring, dan dinginkan.

- 4 butir telur ayam

- 300 mili liter santan

- 100 mili liter susu kental manis putih, atau sesuai selera

- 1 bungkus tepung hunkwe ukuran kecil

- 1/2 sendok teh garam

Baca Juga : Mau Menjajal Bikin Kue Lapis Legit? Pelajari Dulu Tipsnya

Cara membuatnya:

1. Panaskan kukusan dan loyang anti lengket sekitar 20 cm yang dioles minyak, atau alasi dengan plastik tahan panas untuk loyang biasa.

2. Campur/kocok dengan whisk telur, santan dan susu kental manis sampai rata, masukkan tepung, garam dan larutan gula aduk sampai rata dan tidak bergerindil, kemudian saring.

3. Setelah loyang sudah panas, masukkan satu sendok sayur adonan, kukus kurang lebih selama lima menit, lakukan hingga adonan habis, untuk lapisan terakhir kukus lagi selama 20 menit.

4. Angkat, dinginkan sampai benar-benar dingin dulu agar lebih set. Setelah itu baru keluarkan dari loyang, potong-potong ukurannya sesuai selera.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini