Ahli Gizi Ungkap Alasan Kenapa saat Bosan Anda Jadi Lapar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 298 2315212 ahli-gizi-ungkap-alasan-kenapa-saat-bosan-anda-jadi-lapar-42nE5gR3kk.jpg Ngemil saat bosan (Foto: Pritikin Longevity Center)

Apakah Anda menyadari bahwa saat bosan, rasa lapar atau ingin makan banyak muncul begitu saja. Pertanyaan pun mencuat di pikiran, kenapa bisa begitu?

"Sangat umum Anda makan banyak dan cenderung kurang sehat saat Anda merasa bosan," kata ahli gizi Rebecca McManamon, dikutip dari HuffPost.

Pernyataan Rebecca pun dibenarkan oleh survei yang dilakukan YouGov. Diketahui bahwa lebih dari seperempat orang merasa makan kurang sehat selama pandemi Covid-19.

 makan banyak saat bosan

Survei tersebut dilakukan dengan mewawancarai lebih dari 2.000 orang dewasa. Dari sana, diketahui bahwa 63 persen koresponden mengaitkan kebiasaan makan banyak atau merasa lapar karena merasa bosan.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyak orang yang cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori selama musim dingin berlangsung.

Lantas, apa penjelasan ilmiah dari kondisi 'aneh' ini?

Ada sedikit bukti kuat mengapa kebosanan meningkatkan nafsu makan, tetapi secara anekdot ada beberapa kemungkinan alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

"Ini mungkin hanya karena Anda bosan atau melakukan aktivitas itu-itu saja selama di rumah saja. Dalam situasi tersebut, Anda merasa bingung harus melakukan apa lagi, ini yang kemudian mendasari munculnya perasaan mau makan banyak," kata McMananom.

Ia melanjutkan, alasan lainnya adalah mungkin Anda makan sembari melakukan aktivitas lain, seperti nonton tv. "Jadi, saat Anda nonton tv, biar suasana tidak membosankan, ya, ada makanan di momen tersebut," katanya.

Di sisi lain, jika Anda mengira bahwa makan saat bosan itu berkonotasi buruk, tidak untuk ahli diet Bahee Van de Bor. Sebab, baginya itu kembali lagi ke apa yang Anda makan dan seberapa sering tangan mengayunkan makanan ke arah mulut.

"Penelitian menunjukkan bahwa pemakan emosional lebih cenderung makan makanan manis dan makanan berlemak tinggi, ya, tentu camilan juga," terang Van de Bor.

Menjadi perhatian sekarang adalah kini waktunya Anda sadar untuk beri diri Anda istirahat. Ya, saat Anda merasa bosan, itu waktunya juga bagi tubuh Anda untuk istirahat, jangan malah dialihkan untuk makan-makan banyak.

"Sekarang usahakan mangkuk yang ada di dekat Anda berisi buah-buahan, keripik berserat tinggi, dan makanan ringan bergizi lainnya, sehingga apa yang Anda makan pun bukan sesuatu yang sembarangan," saran Van de Bor.

Jika Anda ingin menaikkan mood, sambungnya, maka bisa menyediakan makanan seperti ikan berminyak ditambah serat, vitamin B dan makanan kaya folat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 Baca juga: Potret Manis Marion Jola dengan Gaya Rambut Baru, Rossa: Huwaaa Cantik Banget!

Nah, jika Anda tak mampu mengontrol kondisi setiap bosan kemudian makan dan buruknya makanan yang dikonsumsi tidak sehat, maka disarankan untuk datangi ahli profesional. Sebab, jika dibiarkan kebiasaan tersebut akan memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini