Begini Proses Permen Karet di Dalam Tubuh jika Tertelan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 481 2315048 begini-proses-permen-karet-di-dalam-tubuh-jika-tertelan-u5qcOuWmsZ.jpg Ilustrasi permen karet. (Foto: Luis Molinero/Freepik)

PERMEN karet merupakan permen kunyah yang memiliki ciri khas dapat ditiup hingga mengembang dan menjadi gelembung balon. Warnanya beraneka ragam dan memiliki banyak rasa pula. Biasanya permen karet bersifat lengket dan ketika gelembung terkembang hingga batas tertentu maka akan pecah lalu mengenai wajah.

Umumnya permen karet akan dibuang dari mulut setelah dikunyah dalam beberapa waktu. Ketika itu rasanya sudah hambar dan teksturnya menjadi agak keras, makanya tidak nikmat lagi dikunyah.

Baca juga: Awas, Sering Kunyah Permen Karet Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar! 

Namun, terkadang permen karet tidak sengaja tertelan ketika sedang asyik dikunyah. Lalu apa yang terjadi pada tubuh jika tidak sengaja menelan permen karet?

Dikutip dari Mental Floss, Selasa (24/11/2020), penting diketahui bahwa apa yang disebut permen karet sebenarnya bukanlah makanan dan permen, karena biasanya permen boleh ditelan.

Permen karet. (Foto: Freepik)

Permen karet awalnya dibuat dengan menggunakan tar alami yang elastis dan lengket. Kemudian beralih ke getah pohon seperti pohon karet. Tetapi kini kebanyakan getah bahan permen karet terbuat dari karet sintesis.

Baca juga: Permen Karet Bekas Kunyahan Alex Ferguson 6 Tahun Lalu Laku Rp7,3 Miliar 

Meskipun ada yang terbuat dari bahan alami dan sintesis, permen karet tetap tidak dapat dicerna dalam tubuh. Tubuh manusia tidak bisa membuat bahan kimia apa pun yang mampu memecah polimer pada permen karet. Akan tetapi, bukan berarti permen karet tetap berada di dalam tubuh selamanya jika tertelan.

Saat gumpalan makanan didorong melalui saluran pencernaan, tubuh akan memecah sebagian besar makanan tersebut untuk mengambil nutrisinya. Hal-hal yang tersisa, termasuk permen karet, akan dibuang begitu saja yang tentunya melalui proses pencernaan.

Hal ini menunjukkan bahwa permen karet sejatinya tidak boleh ditelan. Tetapi, apabila tidak sengaja tertelan sesekali tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Menelan banyak permen karet dapat menyebabkan penyumbatan di saluran pencernaan. Ini kemudian bisa menimbulkan sembelit yang cukup serius.

Baca juga: Pria Ini Campur Perment Mint dan Minuman Soda ke Lubang, Endingnya Bikin Netizen Emosi 

Permen karet. (Foto: Robin Higgins/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini