6 Langkah Menghindarkan Anak dari Jeratan Narkoba

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 481 2315094 6-langkah-menghindarkan-anak-anda-dari-jeratan-narkoba-zt3VtF62PM.jpg Jangan sampai anak terjerat narkoba (Foto: CBS News)

Keponakan Ashanty, Millen Cyrus rupanya tertangkap atas kasus narkoba jenis sabu. Namun bukan hanya Millen Cyrus, sudah banyak jajaran artis tanah air lainnya yang terjerat narkoba, salah satunya Reza Artamevia.

Tak bisa dipungkiri, anak-anak juga menjadi golongan paling rawan terjerumus dari obat-obatan terlarang. Oleh sebab itu, peran serta keluarga sangat penting agar anak dapat terhindar dari kondisi yang satu ini. Masalah ini dapat dihindari dengan melakukan kontrol yang ketat terhadap anak.

Perhatian dan ketegasan orangtua memainkan peran yang sangat besar terhadap keberhasilan mendidik anak. Melansir dari Mayo Clinic, berikut enam langkah yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anaknya terhindar dari narkoba.

 ketahui aktivitas anak Anda

1. Ketahui aktivitas anak Anda

Perhatikan keberadaan anak Anda. Cari tahu kegiatan apa yang diminati anak Anda dan dorong dia untuk terlibat di dalamnya.

2. Tetapkan aturan dan konsekuensi

Jelaskan aturan yang berlaku dalam keluarga, seperti meninggalkan pesta saat mengetahui ada penggunaan narkoba dan tidak mengendarai mobil bersama pengemudi yang telah menggunakan narkoba. Jika anak Anda melanggar aturan, tegakkan konsekuensinya secara konsisten.

3. Kenali teman-teman anak Anda

Jika teman anak Anda menggunakan narkoba, tak menutup kemungkinan bahwa anak Anda juga ingin merasakan keinginan untuk mencobanya juga. Jadi perhatikan dengan betul pergaulan anak Anda, jangan sampai dia berteman dengan pemakai narkoba.

4. Pantau resep obat

Catat semua resep dan obat bebas dalam rumah Anda, jangan sampai anak mencoba membeli obat-obatan berbahaya tanpa izin.

5. Memberikan dukungan

Berikan pujian dan dorongan saat anak Anda berhasil. Ikatan yang kuat antara orangtua dan anak dapat membantu mencegah mereka untuk menggunakan narkoba.

 Baca juga: Potret Manis Marion Jola dengan Gaya Rambut Baru, Rossa: Huwaaa Cantik Banget!

6. Berikan contoh yang baik

Jika Anda harus mengonsumsi obat-obatan tertentu, lakukan secukupnya. Gunakan obat sesuai dengan resep dokter atau sesuai petunjuk. Jangan gunakan obat-obatan terlarang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini