Ini Penyebab Munculnya Bercak Putih di Kuku Jari, Bukan Hal Buruk

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 481 2315110 ini-penyebab-munculnya-bercak-putih-di-kuku-jari-bukan-hal-buruk-t6NCIfnZ7S.jpg Ilustrasi kuku jari. (Foto: Shutterstock)

KUKU adalah bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari dan memiliki pori-pori.

Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf. Kuku bukan bagian dari tulang, melainkan terbuat dari protein.

Baca juga: Khasiat Minyak Kelapa untuk Perawatan Kuku hingga Rambut 

Kemudian melalui kuku, dapat diketahui kondisi kesehatan seseorang. Jika diperhatikan, muncul bercak kecil berwarna putih di kuku. Apakah ini?

Kuku. (Foto: Racool/Freepik)

Sebenarnya "bintik susu" itu adalah hal yang normal dan biasa terjadi. Bintik putih yang dikenal dengan punctate leukonychia ini muncul dikarenakan trauma pada kuku. Misalnya, jari terkena pintu mobil hingga hal kecil seperti mengetuk secara berlebihan.

Baca juga: Kesehatan Anda Dinilai dari Kuku, Inilah Tanda-Tanda Yang Harus Diketahui 

Dirangkum dari Mental Floss, Selasa (24/11/2020), bercak putih itu terbentuk di dasar bantalan kuku, kemudian tumbuh seperti bagian kuku lainnya.

Dalam beberapa kasus, kekurangan zat seng bisa menjadi pemicu munculnya bintik susu tersebut. Namun, seperti penjelasan para penulis buku The Nails in Disease, hal itu jarang terjadi dan sebagian tidak memiliki penyebab khusus.

Meski demikian, ada beberapa jenis leukonikia yang perlu diperhatikan. Leukonikia totalis menunjukkan kondisi seluruh kuku telah memutih. Hal ini menjadi pertanda masalah kesehatan serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, atau diabetes.

Kemudian ada lagi yang disebut garis mees, yakni tanda putih muncul pada kuku membentuk pita. Ini bisa jadi indikasi tubuh keracunan arsenik atau talium.

Baca juga: Ternyata Kondisi Kuku Bisa Ungkap Penyakit, Apa Saja? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini