4 Bahan Alami untuk Usir Ketombe, Apa Saja?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 611 2315030 4-bahan-alami-untuk-usir-ketombe-apa-saja-OWG2sTFXPv.jpg Cuka sari apel (Foto: Insider)

Ketombe jadi salah satu masalah rambut yang paling menyebalkan, dan afak sulit dihilangkan. Rasa gatal, panas juga membuat rambut mudah lepek menjadikan penampilan Anda kurang percaya diri.

Lantas bagaimana cara menghilangkan ketombe? Seperti dilansir dari Health Line, berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh mengatasi masalah ketombe Anda.

 merawat rambut

1. Minyak pohon teh

Secara historis, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis, termasuk ketombe.

Selain itu terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, dapat membantu meringankan gejala ketombe. Faktanya, menurut sebuah ulasan, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

2. Minyak kelapa

Terkenal dengan berbagai manfaat kesehatan, minyak kelapa sering juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Selain itu dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, serta mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

3. Aloe vera

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk kecantikan. Salah satunya untuk mengusir ketombe di kulit kepala Anda.

Saat gel aloe vera dioleskan pada kulit, bahan ini dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin. Dan bermanfaat juga dalam pengobatan ketombe.

Baca juga: Potret Manis Marion Jola dengan Gaya Rambut Baru, Rossa: Huwaaa Cantik Banget!

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel sering digunakan untuk kesehatan, karena memiliki banyak manfaat. Termasuk meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Keasaman cuka dipercaya, dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Cuka sari apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini