8 Keuntungan Hidup Sendirian di Tengah Pandemi, Jomblo Wajib Baca!

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 612 2315156 8-keuntungan-hidup-sendirian-di-tengah-pandemi-jomblo-wajib-baca-3mzqVrDQX3.jpg Banyak merenung sendirian (Foto: Freepik)

Pada masa pandemi Covid-19 banyak orang yang terpaksa menghabiskan waktu sendirian. Sebab dia tinggal di luar kota, jauh dari keluarga.

Daripada Anda meratapi kesepian di tengah kota sendirian karena menjomblo, coba pikirkan hal-hal yang bisa Anda lakukan saat sendirian seperti ini.

Seperti dilansir dari Lifehack, berikut ini berbagai hal yang bisa Anda lakukan saat sendirian di tengah pandemi.

banyak merenung

1. Anda punya banyak waktu untuk merenung

Hidup berlalu sangat cepat, sehingga Anda mungkin tidak memiliki waktu sendirian untuk merenung. Merenung tidak selalu buruk. Dari merenung kita dapat mengintrospeksi dan evaluasi diri.

Gunakan waktu kesendirian ini untuk merefleksikan diri Anda daripada menangisi rasa kesepian. Coba nikmati proses merenung ini, siapa tahu dapat jalan keluar dari masalah yang belum bisa Anda selesaikan selama ini.

2. Terkoneksi dengan emosi diri sendiri

Saat Anda dikelilingi oleh banyak orang lain sepanjang waktu, Anda mau tidak mau mencoba membaca, dan memenuhi emosi orang-orang tersebut.

Namun saat Anda sendirian, Anda memiliki banyak waktu untuk melihat dan membaca emosi diri Anda sendiri. Anda akan mendapatkan banyak pemahaman tentang apa yang membuat diri Anda bahagia, sedih, dan kesal. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengontrol emosi tersebut.

3. Memulai sesuatu yang Anda sukai

Lagi-lagi di saat Anda dikelilingi banyak orang, seringkali Anda membuat kompromi untuk kepentingan banyak orang, yang bisa saja tidak Anda sukai dan inginkan.

Menikmati masa-masa kesendirian ini memberi Anda kebebasan pada banyak hal yang sebenarnya Anda ingin lakukan. Misalnya Anda ingin melukis, membaca, atau membuat puisi.

 Baca juga: Potret Manis Marion Jola dengan Gaya Rambut Baru, Rossa: Huwaaa Cantik Banget!

4. Menjadi lebih produktif

Dikelilingi orang-orang bisa sangat menghibur, tapi ini bisa juga memengaruhi produktivitas Anda. Selalu ada saja di mana kumpulan orang tersebut hanyalah distraksi dari kegiatan Anda lainnya yang belum selesai.

Menghabiskan waktu sendiri bisa menjadi waktu terproduktif Anda karena biasanya distraksi yang dihadapi akan lebih sedikit, dan Anda bisa terus bekerja.

5. Jadi lebih menghargai sebuah hubungan

Saat Anda mulai terbiasa dengan kesendirian, Anda akan tersadar betapa berharganya sebuah hubungan dengan orang lain. Karena Anda sudah mendedikasikan seluruh waktu yang dimiliki untuk diri sendiri. Maka Anda merasa hubungan dengan orang lain seperti sahabat atau kekasih menjadi begitu berharga.

6. Lebih mandiri

Berkawan dengan kesendirian memberikan Anda kepercayaan diri. Di situlah datang perasaan bahwa Anda lebih mandiri.

Saat seperti ini Anda tidak lagi merasakan kecemasan dan keinginan untuk ditemani. Dengan begitu Anda merasa tidak perlu lagi bergantung pada orang lain.

7. Lepas dari tekanan

Berhubungan dengan orang sering kali menimbulkan tekanan sebab kadang Anda terpaksa melakukan hal yang Anda kurang suka demi orang lain, seperti pacar. Namun saat Anda sendirian, maka Anda tak wajib menyenangkan orang lain, hal yang perlu Anda senangkan ya diri Anda sendiri.

8. Berhenti mencari validasi

Tak jarang Anda perlu mendapatkan pendapat atau validasi dari orang lain saat Anda akan mengambil sebuah tindakan. Namun akibat sendirian, Anda dipaksa untuk membuat berbagai keputusan bagi diri sendiri sehingga Anda bertindak sesuai naluri sendiri, dan tak perlu validasi dari orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini