Sering Merasa Cemas, Coba Atasi dengan 3 Cara Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 612 2315187 sering-merasa-cemas-coba-atasi-dengan-3-cara-ini-WWygMz0iQv.jpg Merasa cemas (Foto: Forbes)

Merasa cemas pasti pernah dialami oleh setiap orang. Ini adalah hal umum yang bisa saja terjadi jika seseorang akan menghadapi ujian kelulusan sekolah atau ujian kerja.

Namun, hal ini bisa menjadi gangguan kecemasan jika berlebihan dan sering terjadi setiap hari. Mengurangi kecemasan memang bukan suatu hal yang mudah.

Perlu belajar mengatasi kecemasan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari, dan tidak usah lari dari ketakutan.

Melansir dari Psychology Today, berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa cemas yang kadang muncul mendadak.

 berusaha rileks

1. Berusaha rileks

Semakin sering Anda fokus pada hal yang belum tentu terjadi, semakin besar kemungkinan Anda akan kehilangan kendali karena terlalu terjebak dalam pikiran Anda sendiri.

Menangani kecemasan secara efektif harus melepaskan aturan-aturan dan membiarkan diri Anda memiliki pikiran dan tindakan yang tidak sempurna sehingga Anda dapat menempatkan perhatian di tempat yang penting dan sesuai.

2. Berlatih mengatasi kecemasan

Ketika ada momen sesuatu terjadi yang membuat Anda cemas, bergegaslah mengendalikan diri Anda. Manfaatkan momen tersebut melatih diri Anda secara perlahan untuk melawan rasa cemas berlebih.

Anda juga bisa melatih mengatasi kecemasan melalui meditasi atau terapi. Keberhasilan dalam mengatasi kecemasan bergantung pada latihan.

 Baca juga: Potret Manis Marion Jola dengan Gaya Rambut Baru, Rossa: Huwaaa Cantik Banget!

3. Kenali rasa cemas

Belajar mengeksplorasi rasa cemas Anda tanpa harus lari darinya. Pergi ke suatu tempat lalu perhatikan sekitar dengan sikap dan tujuan yang tulus, rasa ingin tahu, dan keterbukaan untuk pengalaman Anda sendiri.

Emosi yang menyakitkan, pikiran yang sulit, sensasi aneh, dorongan yang tidak diinginkan semua berada di bawah kendali Anda. Jangan biarkan kecemasan membodohi Anda dengan berpikir bahwa Anda harus menyerahkan seluruh perhatian Anda pada kecemasan itu. Cobalah bersikap pasrah atas kehendak Tuhan sehingga pelan-pelan rasa cemas itu lenyap.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini