Unik, Hewan Ini Keluarkan Kotoran Kubus dan Punya "Pelat Pelindung"

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 612 2315283 unik-hewan-ini-keluarkan-kotoran-kubus-dan-punya-pelat-pelindung-2BjAmgxBYE.jpg Hewan wombat. (Foto: Pen_Ash/Pixabay)

DI Australia ada hewan endemik bernama wombat. Wombat adalah hewan marsupial berkaki pendek, berkaki empat, dan memiliki panjang kira-kira 1 meter dengan ekor yang sangat pendek.

Nama wombat berasal dari Eora, komunitas Aborigin yang merupakan penduduk asli daerah Sydney, Australia. Wombat menggali liang dengan gigi depan seperti hewan pengerat dan cakar yang kuat.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Koala dan Wombat Jalin Persahabatan Istimewa 

Ternyata ada hal unik dari wombat. Hewan ini memiliki kemampuan memproduksi kotoran berbentuk kubus.

Ciri khas tersebut memainkan peran penting dalam komunikasi antar sesama wombat. Pasalnya, kotoran berbentuk kubus yang ditumpuk seperti batu bata dapat memberikan pesan.

Wombat. (Foto: Wikipedia)

Postur tubuh wombat sendiri berbentuk seperti kentang, gempal, bulat, dan dekat dengan tanah. Meski bukan hewan paling sosial, wombat selalu berbagi liang, namun tetap di wilayah mereka sendiri dalam sistem terowongan bawah tanah.

Baca juga: Ini Cara Meracik Minuman Jamu hingga Kunyit Jadi Lebih Modern

Di sini pasangan wombat kawin dan akan membesarkan joey (sebutan bayi wombat) yang membangkitkan naluri orangtua mereka.

"Wombat umumnya merupakan spesies soliter dan cukup agresif. Mereka memiliki pelat fasia besar di area bokong. Ini memungkinkan mereka memblokir area masuk ke liang jika merasa terancam. Area itu memiliki sedikit ujung saraf, jadi meskipun predator menggigitnya, wombat tidak akan terluka," kata Monique Spaulding dari Suaka Margasatwa Bonorong di Tasmania, dinukil dari IFL Science, Selasa (24/11/2020).

Kotoran berbentuk kubus milik hewan wombat. (Foto: Wikipedia)

Ia menjelaskan bahwa bulu yang menutupi lempeng fascia pendek berfungsi agar wombat tidak dapat ditarik dari liangnya. Saat predator mendekat, wombat akan berbaring di pintu masuk liang yang memungkinkan pemangsa menyelipkan kepala ke celah antara pelat dan atap liang.

Baca juga: Kucing Mendekat saat Namanya Dipanggil, Ini Penjelasannya 

"Atap liang biasanya terbuat dari tanah yang sangat padat, seperti akar pohon, batang kayu, atau batu. Begitu kepala predator berada di celah, wombat akan membanting pantatnya berulang kali dengan kekuatan yang cukup berpotensi menghancurkan tengkorak kepala predator itu," kata Monique.

Oleh karena itu, hewan ini juga disebut "buldoser" karena gaya hidup mereka benar-benar mencerminkan hal ini.

Baca juga: Kelelawar Selalu Menggantung Terbalik, Benarkah karena Sulit Terbang dari Darat? 

Wombat. (Foto: David Clode/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini