7 Cara Mengatasi Cemburu terhadap Mantan Pacar

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 612 2315308 7-cara-mengatasi-cemburu-terhadap-mantan-pacar-KR2X910e7W.jpg Memikirkan mantan (Foto: The Modern Man)

Rasa cemburu kepada mantan pacar yang masih menghantui pasca-putus adalah hal yang wajar. Sebab rasa cinta dan cemburu tak bisa dihentikan begitu saja pasca-putus.

Namun saat Anda terlalu terbawa emosi seperti cemburu berlebihan saat menyaksikan mantan dekat dengan teman lawan jenisnya, ini malah bisa jadi penghalang untuk move on. Padahal kenyataannya Anda memiliki kendali atas emosi dan cemburu tersebut.

Melansir dari Wise Publishing, gunakanlah rasa cemburu ini sebagai perjalanan dari kesakitan menuju kedamaian. Lalu apa saja yang harus dilakukan saat merasa cemburu kepada mantan?

 sedih memikirkan mantan

1. Berhenti memikirkan mantan

Jika Anda masih terobsesi dengan mantan, berhentilah melakukannya. Alihkan fokus pada hal-hal yang membuat Anda sibuk dan menyenangkan. Misalnya sibukkan diri Anda dengan bekerja lebih keras, atau melakukan hobi baru, jangan stalking Instagram mantan.

2. Menerima kesendirian

Ingat-ingat bahwa hubungan yang pernah Anda jalani dengan dia sudah berantakan. Sekarang Anda bebas dan tidak lagi berada dalam masalah tersebut. Anda sudah bebas tak pusing memikirkan dia yang tak peduli dengan perasaan Anda. Jadi nikmati kebebasan ini dengan melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai tanpa beban izin pacar.

3. Lebih memperhatikan diri sendiri

Kehidupan Anda sudah kembali seutuhnya pada diri Anda sendiri. Tidak ada lagi yang mengatur dan melarang apa yang ingin Anda lakukan. Maka Lakukan sesuatu yang menghibur Anda dan menangislah saat membutuhkannya. Emosi dan energi yang terkuras membuat Anda lelah dan sejenak teralihkan dari rasa cemburu.

4. Dapatkan dukungan dari teman-teman

Mendapatkan dukungan bisa dari siapa saja, seperti teman, keluarga, bahkan kucing peliharaan. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang terkasih dan menyadari bahwa mereka peduli. Jika Anda terlalu takut untuk berbagi rasa sakit hati dengan makhluk hidup, Anda bisa mencurahkannya dalam buku jurnal.

5. Melihat dunia yang lebih luas

Jika pikiran Anda terus berputar-putar dalam masalah yang sama yakni memikirkan mantan, maka lihatlah dunia yang lebih luas. Ketika melihat dunia yang lebih luas, kesulitan kita akan terasa lebih kecil.

Dengan Anda memberikan perhatian kecil padanya, rasa sakit Anda tidak akan terlalu berat dan lebih bisa dikendalikan.

6. Membuat mimpi baru

Biarkan kemungkinan-kemungkinan datang pada Anda. Bayangkan apa yang Anda inginkan di hubungan selanjutnya agar Anda tidak terkejut jika saatnya datang. Bayangkan juga Anda akan menjadi orang yang bagaimana dalam hubungan itu dan berusahalah untuk menjadi seperti itu.

Baca juga: Potret Manis Marion Jola dengan Gaya Rambut Baru, Rossa: Huwaaa Cantik Banget!

7. Beri waktu

Di masa yang akan datang, Anda akan bisa menghargai apa yang baik dari hubungan ini, merasa bersyukur untuk segala pelajaran yang bisa dipetik, dan sampai akhirnya Anda berada di titik kedamaian.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini