Bacalah Doa Ini Supaya Tetap Tabah Menghadapi Musibah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 612 2315423 bacalah-doa-ini-supaya-tetap-tabah-menghadapi-musibah-XpUsX0LIet.jpg Ilustrasi berdoa. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

MUSIBAH bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Hal itu sepenuhnya kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala. Jika musibah atau ujian sudah diberikan, pasti ada hikmah dan kebaikan di baliknya.

Salah satu musibah adalah datangnya wabah penyakit virus corona (covid-19). Ini mengingatkan kepada setiap Muslim untuk senantiasa beristigfar kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Amalkan Doa Ini Buat Kamu yang Sedang Mencari Pekerjaan 

"Pentingnya selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala adalah upaya mencegah manusia dari malapetaka atau musibah," kata Wakil Katib PWNU Jawa Tengah KH Nasrullah Afandi kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Selain itu istigfar, zikir, sholat, serta kalimat-kalimat Allah lainnya dapat mengingatkan kita akan ujian-Nya. Kemudian agar senantiasa dilindungi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, juga dianjurkan membaca doa keselamatan. Berikut ini salah satunya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu." (HR Muslim Nomor 2739)

Baca juga: Yuk, Baca Doa Ini ketika Turun Hujan 

Bisa juga disertai dengan doa ini agar tetap tabah ketika menghadapi musibah. Dari Ibnu Umar, dari bapaknya Umar Radhiyallahu anhuma berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلاَءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً إِلاَّ عُوفِىَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلاَءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ

"Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan:

Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa’ (Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya).

Kalau kalimat itu diucapkan, maka ia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup." (HR Tirmidzi Nomor 3431; Ibnu Majah 3892)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Doa agar Allah Karuniakan Anak Saleh dan Salehah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini