Bisa Ucapkan 200 Kata, Burung Kakatua Einstein Bikin Heran Ilmuwan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 612 2315527 bisa-ucapkan-200-kata-burung-kakatua-einstein-bikin-heran-ilmuwan-i51wJgvDzR.jpg Burung kakatua Einstein. (Foto: Facebook Knoxville Zoo/Indianexpress)

KAKATUA adalah jenis burung hias yang memiliki bulu indah dengan lengkingan suara nyaring. Burung kakatua termasuk suku Cacatuidae. Spesies ini termasuk salah satu burung dengan kecerdasan yang sangat baik. Maka itu, sering dilibatkan dalam acara-acara hiburan.

Kakatua menjadi salah satu burung yang mampu menirukan suara manusia. Beberapa spesies atau jenis bahkan dapat menirukan kata-kata yang didengar di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Momen Haru Gorila Bantu Burung Terluka agar Kembali Terbang 

Sebenarnya ada burung lain yang juga bisa menirukan suara, di antaranya gagak, mynah, dan kolibri. Ini merupakan jenis burung yang dapat meniru suara yang didengar.

Burung kakatua Einstein. (Foto: Unbelievable-Facts)

Namun, burung yang paling baik menirukan ucapan manusia adalah kakatua. Mereka dapat belajar mengucapkan ratusan kata dan memahami arti dari beberapa kata itu.

Baca juga: Merpati Balap Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp21,6 Miliar 

Dikutip dari Mental Floss, Selasa (24/11/2020), seekor Burung Kakatua Grey Afrika di Kebun Binatang Knoxville di Tennessee, Amerika Serikat, bernama Einstein dapat mengucapkan sebanyak 200 kata. Para ilmuwan pun heran dan langsung meneliti bagaimana burung ini dapat meniru suara manusia.

Burung kakatua mampu melakukannya karena di bagian otak mereka terdapat sesuatu yang disebut "sistem nyanyian". Dalam sistem ini ada bagian lagi yang dinamakan "inti dalam". Inti bagian dalam sangat penting untuk membantu burung ini belajar cara membuat suara.

Burung kakatua juga memiliki bagian tambahan dari sistem nyanyian yang disebut "kulit terluar". Para ilmuwan berpikir kulit luar ini membantu burung beo menjadi sangat pandai dalam menyalin suara.

Burung kakatua adalah hewan sosial. Di alam liar pun mereka dapat menirukan suara burung lainnya. Namun jika di sekitar manusia, mereka cenderung meniru suara pemiliknya karena sudah mengganggap seperti keluarga.

Baca juga: Dikenal Menyeramkan, Burung Gagak Ternyata Sangat Cerdas 

Burung kakatua. (Foto: Sid Balachandran/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini