7 Cara agar Makan Sayur Jadi Lebih Menarik

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 298 2316010 7-cara-agar-makan-sayur-jadi-lebih-menarik-GabxjPce58.jpg Memasak sayur (Foto: NDTV)

Sayuran adalah sumber nutrisi paling penting. Termasuk kalium, serat makanan, asam folat, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran rendah kalori, lemak, dan natrium yang juga penting untuk tubuh.

Namun, tak jarang sebagian anak yang tidak menyukai sayur. Mereka lebih menyukai makanan manis atau cepat saji, padahal sayuran sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Mencoba berbagai cara agar anak menyukai sayur. Selama masih melakukan aktivitas di rumah saja akibat pandemi, Anda jadi kehabisan ide untuk mengkreasikan masakan Anda, terutama sayur.

Melansir dari Times of India, berikut Okezone berikan menu praktis agar anak suka dan mengonsumsi lebih banyak sayur.

 sup sayur

1. Sup sayur

Sup merupakan salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi sayuran dengan porsi banyak sekaligus. Anda bisa membuat sup sayur dengan cara menghaluskannya dan menambahkan bumbu serta berbagai bahan lainnya agar lebih gurih dan menggugah selera. Sajikan saat masih hangat dan tambahkan sedikit sayuran untuk meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.

2. Mie atau pasta sayur

Makanan instan seperti mie pasti digemari anak-anak. Anda bisa menambahkan sayuran dengan diparut atau dicincang halus. Kombinasikan dengan saus, sayuran lain, atau daging.

3. Tambahkan pada saus

Dengan menambahkan sayuran ekstra ke dalam saus, Anda dapat meningkatkan asupan sayuran, terutama jika anak Anda tidak suka memakannya. Tambahkan beberapa sayuran dan bumbu pilihan Anda ke dalam saus, juga campurkan bawang, wortel, paprika, dan sayuran hijau seperti bayam.

 Baca juga: 3 Potret Yuri MasterChef Indonesia Jadi 'Model', Netizen: So Sensual!

4. Buat smoothies sayur

Salah satu cara praktis mengonsumsi sayur yaitu dengan membuat smoothies sayuran. Sayuran hijau segar seperti bayam dan kangkung bisa Anda gunakan untuk membuat smoothies. Selain itu, labu, bit, dan alpukat juga dapat bekerja dengan baik jika dicampur menjadi smoothies.

5. Omelet sayur

Bayam, bawang bombay, jamur, paprika, dan tomat bisa menjadi tambahan pada omelet. Masak beberapa telur kocok dengan sedikit mentega atau minyak dalam wajan, isi dengan keju, daging, sayuran, atau kombinasi ketiganya lalu lipat.

6. Oatmeal sayur

Oat tidak harus selalu manis. Oatmeal yang gurih bisa menjadi pilihan bagus untuk sarapan. Anda bisa menambahkan semua jenis sayuran termasuk jamur, kacang polong, wortel, brokoli, tomat, kacang-kacangan, dan lainnya ke dalam oat.

7. Kebab sayur panggang

Makanan ini cocok dijadikan camilan. Potong sayuran favorit Anda, rendam, dan masak di atas panggangan atau barbekyu. Tambahkan paprika, bawang bombay, jamur, zucchini, dan tomat di dalam kebab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini