Dokter: Zumba Bikin Jantung dan Paru-Paru Pasien Kemoterapi Lebih Terjaga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 481 2315634 dokter-zumba-bikin-jantung-dan-paru-paru-pasien-kemoterapi-lebih-terjaga-sITb750N20.jpg Ilustrasi olahraga zumba (Foto : Shutterstock)

Banyak orang mengira pasien kemoterapi akan selamanya hidup di atas kasur. Padahal kenyataannya, pasien kemoterapi juga tetap perlu melakukan aktivitas fisik tentu dengan pengawasan dokternya, misalnya zumba.

Mengapa aktivitas fisik menjadi penting bagi pasien kemoterapi? Menurut Ahli Jantung, dr Gusti Rizky, aktivitas fisik seperti zumba sangat bermanfaat bagi pasien kemoterapi, khususnya dalam meningkatkan kualitas hidup si pasien.

"Jadi, aktivitas fisik seperti zumba itu meningkatkan kinerja fungsi jantung dan paru-paru, sehingga mereka yang sedang menjalani kemoterapi dan melakukan olahraga rutin dapat memaksimalkan fungsi jantung dan paru-parunya," kata dr Gusti melalui keterangan resmi yang diterima Okezone belum lama ini.

Zumba

Ia melanjutkan, olahraga rutin yang tentunya direkomendasikan dokternya masing-masing pun mampu memcegah terjadinya kerusakan pada organ jantung dan paru-paru yang tak diinginkan.

Baca Juga : Buat Tubuh Tak Mudah Sakit Bikin Cantika Felder Senang Zumba

Di sisi lain, Selebriti Denada Tambunan, ibu dari anak yang dikometerapi pun merasa bahagia sekaligus terharu ketika melihat pasien kemoterapi melakukan aktivitas fisik. Ia pun mengaku kalau menjadi instruktur zumba untuk anak-anak yang dikemo adalah bagian dari mimpi dalam hidupnya.

"Ini adalah salah satu mimpi saya yang rasanya luar biasa sekali bisa diwujudkan. Sebagai ibu dari seorang anak penderita kanker yang menjalani kemoterapi, saya menyadari perjuangan yang dihadapi anak-anak ini setiap hari dan dengan mengajak mereka zumba bareng, saya bisa memberi mereka kebahagiaan dan jadi alasan mereka tersenyum," kata Denada.

Denada

Soal manfaat zumba yang diterima anak-anak penderita kanker, salah satunya anaknya sendiri, menurut Denada banyak sekali. Salah satu yang terpenting adalah zumba membantu mereka menjadi anak yang lebih sehat dan kembali memiliki kepercayaan diri.

"Terlepas dari apa yang mereka alami, saya ingin mereka yakin bahwa akan ada hasil terbaik dari pertempuran melawan kanker. Kelas zumba juga bisa meningkatkan koordinasi tubuh dan keterampilan motorik," tambah Denada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini