Hobi Makan Sambil Nonton TV, Ini Cara Kontrol Asupan agar Tak Berlebihan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 481 2315770 hobi-makan-sambil-nonton-tv-ini-cara-kontrol-asupan-agar-tak-berlebihan-Bah442r7m0.jpg (Foto: Nydailynews)

Makan sambil menonton TV adalah perilaku yang umum. Kita semua menantikan saat ketika kita dapat bersantai dan menikmati makanan kita dengan damai dan menikmati pertunjukan favorit kita.

Saat melakukannya, kita biasanya kehilangan jejak rasa lapar dan cenderung makan berlebihan, yang mengakibatkan penambahan berat badan. Anda mungkin akan mengabaikannya dan berpikir bahwa besok bisa diperbaiki. Namun memiliki pola pikir seperti ini membuat Anda tidak bisa mengontrol berat badan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan, sebagaimana dilansir Times of India pada Rabu (25/11/2020).

Jangan makan terburu-buru

Melakukan hal multitasking seperti makan dan menonton TV bisa menyebabkan gangguan atau terburu-buru makan, keduanya bisa membuat Anda makan lebih banyak. Menikmati makanan Anda, membantu Anda mengontrol asupan makanan Anda. Perut Anda mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah kenyang dan Anda harus berhenti.

Hentikan kebiasaan tersebut

Jika Anda mencoba mengurangi berat badan, saran kami adalah menghentikan kebiasaan buruk ini. Pindah ke meja makan dan nikmati makanan Anda dengan lebih damai dan penuh perhatian. Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menyelesaikan makanan Anda dan kami yakin Anda dapat menyisihkan waktu sebanyak itu dari hari Anda demi kesehatan Anda.

 Makan sambil menonton TV adalah perilaku yang umum.

Baca juga: Resep Telur Dadar Padang, Simak Cara Membuatnya, Yuk!

Perhatikan ukuran porsi

Jika Anda duduk dengan semangkuk besar popcorn atau wafer, Anda pasti akan menghabiskan semuanya. Pilih mangkuk kecil dan ambil bagian Anda di dalamnya. Hal yang sama juga berlaku untuk makan malam Anda. Isi piring Anda hanya sekali di awal. Ambil apapun yang Anda butuhkan dan jangan mengisinya untuk kedua kalinya.

Lakukan pekerjaan lain

Lakukan pekerjaan lain, selain ngemil sambil menonton televisi. Anda bisa mengecat kuku atau mencoba pijat kaki untuk mengalihkan perhatian dan melepaskan diri dari ngemil. Ketika tangan Anda akan terlibat dalam pekerjaan yang berbeda, Anda akan makan lebih sedikit barang yang tidak sehat.

Minum air

Cobalah untuk mengekang keinginan Anda sebelumnya atau minum segelas air setiap kali Anda ingin makan makanan yang tidak sehat. Kita sering mendambakan junk food saat kita haus. Menghirup air dingin dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini